Penggunaan Paylater Meningkat selama Pandemi

Penggunaan Paylater Meningkat selama Pandemi

Ilustrasi kartu kredit. Foto: Shutterstock.com/ Dmitriy Shironosov

Batam, Batamnews - Lily Suriani, General Manager Kredivo mengatakan berdasarkan riset perilaku konsumen E-commerce Report 2021 mengungkapkan bahwa pengguna metode pembayaran paylater di Indonesia meningkat selama pandemi.

Sebanyak 55 persen dari konsumen yang menyatakan pernah menggunakan paylater, baru menggunakannya saat pandemi.

Baca juga: Tren Pembayaran Fitur PayLater Meningkat di Batam

"Dari laporan itu menyebutkan wilayah Asia Tenggara, terutama di Singapura, India, dan Filipina, paylater telah menguasai setidaknya 3 persen dari market share transaksi di e-commerce. Sementara itu secara global, pertumbuhan industri paylater juga diprediksi meningkat hingga 2 kali lipat pada periode 2020 – 2024," ungkap Lily dalam keterangan persnya, Kamis (17/2/2022).

Lily melanjutkan, saat ini industri paylater telah menjadi industri yang terus bertumbuh secara signifikan dalam waktu relatif cepat. Kebutuhan masyarakat akan opsi metode pembayaran fleksibel di tengah rendahnya penetrasi kartu kredit di Indonesia masih menjadi faktor utama bagi pertumbuhan industri ini.

Tercermin dari preferensi konsumen dalam memilih metode pembayaran saat berbelanja online. Sebanyak 27 persen responden menyebutkan menggunakan paylater untuk belanja di e-commerce paling tidak satu kali dalam setahun terakhir. Sementara itu, transaksi paylater di e-commerce Indonesia juga mengalami peningkatan hingga 8,7 kali.

Baca juga: Bantu Jaga Daya Beli, Kini Ada Sistem Paylater Belanja di Warung

"Sektor e-commerce menjadi salah satu fokus utama kami dalam meningkatkan penetrasi setiap tahunnya. Kredivo pun telah melakukan integrasi fitur paylater dengan wallet share setidaknya 50 persen di mayoritas merchant e-commerce di Indonesia," jelas Lily.

Lily pun optimis jika nantinya industri paylater Indonesia akan memainkan peranan yang makin besar dalam lanskap digital payment di Asia Tenggara.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews