Tercatat 280 Suspek Omicron di Batam, 19 Orang Terkonfirmasi

Tercatat 280 Suspek Omicron di Batam, 19 Orang Terkonfirmasi

ilustrasi

Batam, Batamnews - Kasus probable (dugaan) omicron di Kota Batam hingga 10 Ferburari 2022 telah mencapai 280 kasus. Dari jumlah tersebut, bulan Februari menunjukan penambahan kasus probable omicron yang signifikan.

Kepala Badan Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kelas I Batam, Budi Santosa menyebutkan kasus probable omicron di Batam hingga 10 Februari tercatat 244 kasus, sedangkan pada Januari lalu tercatat 36 kasus. 

Baca juga: Jangan Diabaikan, Ini 5 Gejala Awal Terinfeksi Omicron

“Sementara itu total probable Omicron di Kepri mencapai 292 kasus,” ujar Budi, Senin (14/2/2022). 

Kota Batam masih sebagai penyumbang terbesar kasus probable Omicron di Kepri. Selain Batam, penyumbang probable Omicron yaitu pekerja migran indonesia (PMI), pada bulan januari kasus Omicron dari PMI tercatat 13 kasus, dan bulan februari tercatat 4 kasus. 

Kemudian Kabupaten Bintan tercatat total probable Omicron sebesar 44 kasus. Dan Kabupaten Karimun tercatat 3 kasus. 

Sedangkan kasus terkonfirmasi Omicron di Kepri 19 orang, dan temuan kasus terkonfirmasi Omicron masih hanya ditemukan di Batam. 

Dengan sebaran kasus yaitu, 15 orang PMI dan 4 orang warga Batam, di mana 3 orang dirawat di rumah sakit di Batam, dan 1 orang dirawat di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang.

Baca juga: Ada Gejala Omicron? Wajib Isolasi 5 Hari Meski Tes Negatif, Ini Alasannya 

Kasus terkonfirmasi Omicron tersebut merupakan hasil pemeriksaan spesimen yang dilakukan di Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (balitbangkes) dengan metode Whole Genome Sequencing (WGS). 

Sedangkan hasil probable omicron menggunakan metode S gene taget failure (STGF) yang pemeriksaan dilakukan di BTKL-PP Batam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews