Jangan Diabaikan, Ini 5 Gejala Awal Terinfeksi Omicron

Jangan Diabaikan, Ini 5 Gejala Awal Terinfeksi Omicron

ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Bagi sebagian orang, gejala awal terinfeksi virus Corona varian Omicron terasa seperti pilek dan dianggap lebih ringan dibandingkan varian sebelumnya. Namun bagi orang yang tidak divaksin, gejala awal terinfeksi varian ini bisa lebih berat.

"Varian Omicron bertindak kurang lebih sama seperti virus Corona biasa, gejala yang ditimbulkan seperti terserang flu," kata dokter penyakit menular NYU Langone Health, dr Stephanie Sterling, dikutip dari Eat This Not That!, Senin (14/2/2022).

Baca juga: Ada Gejala Omicron? Wajib Isolasi 5 Hari Meski Tes Negatif, Ini Alasannya

Selain gejala-gejala mirip flu, ada gejala lain yang kemungkinan dirasakan saat terpapar varian Omicron. Berikut 5 gejala awal saat terpapar Omicron:

1. Sakit Tenggorokan

Menurut Komisaris Departemen Kesehatan Masyarakat Chicago, dr Allison Arwady, sakit tenggorokan menjadi salah satu gejala awal yang paling umum dirasakan pasien saat terpapar Omicron.

"Bagi kelompok orang bergejala ringan, kita melihat sakit tenggorokan menjadi gejala yang paling sering ditemukan," kata dr Arwady.

Hal serupa juga sempat diungkapkan dokter paru di RS Persahabatan, dr Erlina Burhan, SpP(K). Gejala awal yang sering dikeluhkan pasien Omicron yakni batuk dan gangguan pada tenggorokan.

"Yang banyak dikeluhkan adalah batuk dan gangguan di tenggorokan, seperti nyeri atau gatal," kata dr Erlina dalam diskusi virtual beberapa waktu lalu.

2. Batuk

Batuk terus-menerus juga menjadi gejala awal saat terpapar varian Omicron.

"Batuk dan kelelahan juga menjadi gejala umum bagi orang yang terpapar Omicron. Ada yang mengatakn gejala Omicron menyerang ke paru-paru bagian atas," kata seorang dokter di Michigan, dr Laraine Washer.

3. Hidung Tersumbat

Gejala lain yang sering dikeluhkan pasien Omicron yakni hidung tersumbat.

"Bagi banyak orang, terutama mereka yang sudah divaksin dan dalam kondisi sehat, saat terpapar Omicron mengalami gejala yang ringan. Termasuk gejala saluran pernapasan atas seperti pilek, hidung tersumbat, bersin, sakit tenggorokan, dan sakit kepala," terang dr Washer.

4. Merasa Kedinginan

Gejala klasik saat terinfeksi Covid-19 seperti demam, batuk, dan kehilangan indra penciuman, jarang ditemukan pasien yang terpapar Omicron. Gejala tersebut lebih sering ditemukan pada pasien yang terinfeksi varian Delta.

Baca juga: Waspada Gejala Awal Omicron, Perlu ke Dokter Bila Sudah Seperti Ini

"Gejala pilek menjadi yang umum terjadi," kata epidemiolog genetik yang juga pendiri perusahaan kesehatan ZOE COVID-19, Tim Spector.

5. Kelelahan

Merasa kelelahan juga menjadi gejala yang sering dilaporkan pasien Omicron.

"Laporan menunjukkan bahwa pasien di Afrika Selatan -banyak di antaranya berusia muda- mengalami kelelahan parah, tetapi tidak kehilangan indra perasa atau penciuman," kata pulmonolog dari Yale Medicine, Lauren Ferrante.

Tips Terhindar dari Paparan Varian Omicron

Di mana pun, tetap ikuti protokol kesehatan dan segera lakukan vaksinasi guna membantu mengakhiri pandemi COVID-19.

Di daerah dengan tingkat vaksinasi rendah, gunakan masker N95, jangan bepergian, terapkan jaga jarak, hindari kerumunan, jangan bepergian ke tempat indoor atau tertutup. Tetap menjaga kebersihan tangan dan jalani pola hidup sehat
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews