Waspada Gejala Awal Omicron, Perlu ke Dokter Bila Sudah Seperti Ini

Waspada Gejala Awal Omicron, Perlu ke Dokter Bila Sudah Seperti Ini

ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Infeksi COVID-19 Omicron memiliki beberapa gejala awal yang harus diwaspadai. Meski pada sebagian orang gejala Omicron cenderung ringan, namun penyakit ini tetap berisiko bisa menjadi parah sehingga dibutuhkan bantuan medis.

Menurut dokter paru di RS Persahabatan, dr Erlina Burhan, SpP(K), sebagian besar pasien Omicron tidak mengeluhkan gejala demam. Ini berbeda dari pola gejala varian COVID-19 sebelumnya.

Baca juga: Waspada, Ini Gejala Awal Omicron yang Sering Diabaikan

Gejala awal yang sering dikeluhkan pasien Omicron adalah lesu, lemas, atau mudah letih. Kemudian keluhan berkembang menjadi batuk dan gangguan pada tenggorokan.

"Yang banyak dikeluhkan adalah batuk dan gangguan di tenggorokan, seperti nyeri atau gatal," kata dr Erlina dalam diskusi virtual beberapa waktu lalu.

"Kemudian disertai dengan hidung yang tersumbat, seperti pilek atau meler dan kadang-kadang sakit kepala," lanjutnya.

Baca juga: Catat! Covid-19 Varian Omicron Bahaya Bagi Orang yang Belum Divaksin

Bagi pasien yang melakukan isolasi mandiri, para ahli menyarankan agar terus memantau perkembangan gejalanya. Bila batuk-batuk semakin parah bahkan sampai muncul sesak napas, sebaiknya segera cari bantuan medis di rumah sakit.

Gunakan alat oximeter untuk memantau kondisi saturasi oksigen pasien yang isolasi mandiri. Waspada bila kemudian saturasi oksigen pasien turun ke tingkat di bawah 95 persen.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews