Dinilai Cepat Berkembang, Natuna Pilih Desa Payak Sebagai Desa Terbaik

Dinilai Cepat Berkembang, Natuna Pilih Desa Payak Sebagai Desa Terbaik

Kadis PMD Kabupaten Natuna, Indra Joni. (Foto: M.Rozali/Batamnews)

Natuna - Desa Payak, Kecamatan Serasan Timur menjadi desa terbaik di Kabupaten Natuna. Desa ini menjadi juara pertama lomba desa dan kelurahan tingkat Kabupaten Natuna 2018. Payak dianggap sebagai desa kategori cepat berkembang.

Sementara itu, Kelurahan Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat sebagai kelurahan terbaik. Kadis PMD Kabupaten Natuna, Indra Joni menjelaskan, lomba desa dan kelurahan Tingkat kabupaten Natuna mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi desa dan kelurahan. 

Indikator yang dinilai adalah pemerintahan, bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan. "Untuk penilaian lomba ada tahapan yaitu bulan maret -april, penilaian Lomba desa/kelurahan, tingkat Kecamatan  oleh panitia, serta penilaian juara lomba desa masing-masing kecamatan pada mulai Mei-juni kemarin," jelas Joni kepada batamnews.co.id, Kamis, (28/06/2018).

Bupati Natuna, Hamid Rizal saat melakukan kunjungan kerja ke Serasan Timur

 

Yang menjadi penilaian lomba dikatakan dia, diantaranya Bidang Pemerintahan meliputi administrasi pemerintahan desa, keuangan desa, Badan Permusyawaraan Desa (BPD) tentang kegiatan-kegiatan pembangunan, wilayah desa, peraturan-peraturan desa yang diterbitkan. 

Selain itu bidang kewilayahan, inovasi teknologi tepat guna, kewenangan kewilayahan dan Badan Usaha. Bidang Kemasyarakatan, Pendidikan, Kesehatan, Partisipasi Masyarakat, Keamanan Ketertiban.

Bupati Natuna, Hamid Rizal saat melakukan kunjungan kerja ke Serasan Timur. Desa Payak di Kecamatan ini terpilih sebagai desa terbaik 2018

 

"Setelah dinilai itu semua dan menjadi juara, maka pemenang  akan mendapatkan piagam penghargaan dari Bupati Natuna serta uang pembinaan yang akan diserahkan pada Hari Ulang Tahun Natuna Tanggal 12 Oktober nanti," pungkasnya

Hasil Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Natuna Tahun 2018, Juara 1 Desa Payak, Juara Dua diraih oleh Desa Kelarik dan Juara Ketiga Desa Tapau. 

Sedangkan pemenang Lomba Kelurahan, Juara 1 diraih Kelurahan Sedanau, Juara Dua Kelurahan Bandarsyah dan juara ketiga diraih Kelurahan Sabang Barat.

(m. rozali)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews