Catat! Covid-19 Varian Omicron Bahaya Bagi Orang yang Belum Divaksin

Catat! Covid-19 Varian Omicron Bahaya Bagi Orang yang Belum Divaksin

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Menteri Kesehatan RI memastikan sebagian besar warga yang positif Covid-19 di Indonesia saat ini terpapar Omicron.

Meski pasien Omicron umumnya mengeluhkan gejala ringan, bukan berarti infeksi Covid-19 varian ini tak bisa memicu kasus fatal. Sejak Omicron merebak, sudah lebih dari 300 orang meninggal dunia.

Menurut Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Prof dr Abdul Kadir, risiko tertular hingga memicu gejala Covid-19 berat bisa menimpa mereka yang belum divaksinasi Covid-19.

"Sebenarnya yang paling rentan terinfeksi adalah mereka yang belum divaksinasi, jadi siapa saja yang belum ada riwayat vaksinasi masih rentan terinfeksi. Kenapa? Karena belum ada kekebalan yang terbentuk dalam tubuhnya," ucap Prof Kadir dalam konferensi pers Kamis (10/2/2022).

Baca juga: Simpel, Dokter Beberkan Cara Cegah Omicron pada Anak

"Namun demikian kami sampaikan bahwa meskipun Omicron ini secara klinis itu adalah ringan atau tanpa gejala, hati-hati kepada mereka mereka yang lansia, yang ada komorbid, anak-anak dan mereka yang belum divaksinasi," pesan dia.

Di sisi lain, gejala COVID-19 Omicron kerap menyerupai pilek biasa.

"Gejala flu apakah terkait dengan musim pancaroba saya kira tidak, yang namanya virus tidak mengenal musim apalagi musim panas musim dingin, musim pancaroba," kata dia.

"Yang jelas selama ini masih pandemic, maka dia akan tetap ada meskipun itu musim hujan musim panas tetap harus hati-hati," tandasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews