Ilmuwan China Bikin Alat Tes Covid-19 dengan Hasil 4 Menit

PCR test

Beijing, Batamnews -  Ilmuwan China mengatakan mereka mengembangkan sebuah alat tes Covid-19 yang bisa memberikan hasil akurat dalam waktu empat menit saja. Akurasi alat ini sama dengan tes PCR yang sudah umum dilakukan.

Peneliti dari Universitas Fudan di Shanghai mengatakan, jika alat ini dikembangkan lebih jauh, maka alat buatan mereka itu bisa dipakai di bandara, klinik, ruang gawat darurat dan rumah tinggal. Tidak seperti tes PCR yang saat ini umum dilakukan, sampel dari alat ini tidak membutuhkan banyak analisis laboratorium, kata mereka.

Para peneliti menuturkan, alat tes terbaru ini memakai komponen mekanik yang dibuat dari DNA dikombinasikan ndengan mikroelektron untuk mentedektsi materi dalam tes usap dan mengubahnya menjadi sinyal elektrik. Alat ini dihubungan ke sebuah komputer atau ponsel pintar untuk menampilkan hasilnya.

"Tes ini bisa memudahkan karena menawarkan deteksi Sars-CoV-2, mudah dioperasikan, tingkat sensitivitas dan spesifikasinya cukup tinggi dan mudah dibawa-bawa," kata tim peneliti yang menulis di artikel jurnal Nature Biomedical Engineering.

Permintaan alat tes virus corona kian melonjak di dunia seiring kian meningkatnya kasus Covid-19 akibat varian Omicron dan Delta. Pabrik-pabrik di China berkejaran dengan waktu untuk memenuhi lonjakan permintaan baik di dalam maupun luar negeri.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) tes PCR masih yang paling akurat untuk mendiagnosa Covid-19. Sampel dites di lab oleh personel yang terlatih dengan hasil yang bisa diketahu dalam satu atau beberapa hari.

Sementara itu tes antigen atau rapid tes, mendeteksi protein tertentu dari permukaan virus corona dan bisa dilakukan di mana saja karena sampelnya tidak perlu diperiksa di lab dan lebih murah. Hasilnya pun bisa keluar dalam 15-30 menit. Tapi tes antigen tidak seakurat tes PCR.

Para peneliti Fudan mengatakan alat tes mereka bisa mendeteksi virus corona di bawah empat menit--dengan waktu rata-rata satu menit--dalam keseluruhan tes usap terhadap 33 orang yang sudah dinyatakan positif Covid-19 oleh tes PCR.

Tes ini tidak keliru memberikan hasil positif terhadap 54 sampel dari orang yang tidak terkena Covid-19, kata laporan para peneliti. Termasuk 23 orang yang mengalami demam tapi hasil tes PCR-nya negatif dan enam orang yang influenza dan 25 relawan yang sehat.

Laporan di jurnal itu juga menyatakan di masa depan alat ini bisa dipakai untuk mendeteksi penyakit lain.

"Selain Covid-19, pengembangan dari sistem elektromekanis molekular bisa memberikan diagnosa akurat terhadap penyakit lain dalam beberapa menit, tanpa harus penyaringan sampel yang biasanya memerlukan waktu sekian jam atau hari," kata para peneliti.