Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 23 Dibuka, Cek Syaratnya

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 23 Dibuka, Cek Syaratnya

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Pemerintah telah resmi membuka kembali program Kartu Prakerja sejak 5 Januari 2022. Calon penerima kini sudah bisa membuat akun.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto baru-baru ini mengumumkan informasi terkait pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 23 pada Februari 2022.

Program Kartu Prakerja merupakan salah satu program bantuan biaya untuk pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan untuk para pelaku usaha.

Tujuan pendaftaran program Kartu Prakerja adalah untuk meningkatkan daya saing, mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, serta mengembangkan kewirausahaan.

Baca juga: Peserta Kartu Prakerja Gemari Pelatihan Jadi Youtuber dan Online Shop

Melansir laman prakerja.go.id, program ini adalah salah satu bentuk untuk menanggapi adanya dampak dari pandemi Covid-19. Untuk sementara waktu program ini akan diprioritaskan bagi pekerja atau buruh yang melakukan dampak penghidupanya, karena PHK.

Bantuan ini ditunjukkan untuk para pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, hingga pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Hal ini dipentukan semua pelaku usaha mikro dan kecil.

Pembuat akun sebelum pembukaan gelombang para calon peserta Kartu Prakerja ini, akan membuat masyarakat mendapatkan kemudahan dalam proses pendaftaran selanjutnya. Selain itu, masyarakat juga bisa menikmati berbagai fitur di dashboard pribadi Kartu Prakerja mereka.

 

Syarat Pendaftaran Kartu Pra Kerja

Adapun syarat-syarat untuk memiliki Kartu Prakerja adalah sebagai berikut

1. Warga Negara Indonesia (WNI )berusia 18 tahun ke atas.

2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.

3. Pekerja/buruh yang terkena PHK, pekerja/buruh , atau pencari kerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja,

4. Bukan atau tidak sedang menerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.

Baca juga: Hati-Hati Penipuan, Saldo Pelatihan Prakerja Tak Bisa Ditukar Pulsa

Pendaftaran Pembuatan Program Kartu Pra Kerja

Cara mendaftar untuk pembuatan Kartu Pra Kerja cukup mudah. Para calon peserta Program Kartu Prakerja bisa langsung mendaftarkan diri melalui laman resmi www.prakerja.go.id.

Nantinya, para calon peserta akan diminta melakukan verifikasi dan pendaftaran dengan melengkapi data diri.

Selanjutnya, para peserta juga akan diminta untuk mengikuti kuti tes motivasi dan kemampuan dasar. Peserta dapat memilih gelombang yang sesuai dengan domisili masing-masing.

Apabila tahap pendaftaran telah lengkap dan selesai. Peserta hanya tinggal menunggu pendaftaran dievaluasi.

Perlu diingat untuk para calon peserta Program Kartu Prakerja, pendaftaran pembuatan Kartu Pra Kerja hanya bisa mendaftarkan diri melalui laman resmi www.prakerja.go.id.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews