Gangguan Listrik di Batam Hari Ini, PLN: Akibat Sambaran Petir

Gangguan Listrik di Batam Hari Ini, PLN: Akibat Sambaran Petir

ilustrasi

Batam, Batamnews - Aliran listrik di sebagian wilayah di Batam mengalami pemadaman,  Jumat (4/2/2022). PLN dalam keterangan tertulis menyebutkan jika jaringan transmisi Mukakuning-Tanjungkasam tersambar petir. 

Akibat sambaran petir ini menyebabkan dua unit Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjungkasam terganggu.

Baca juga: PLN Batam Pastikan Pembangunan Jaringan Transmisi SUTT 150 kV Aman

"Berdasarkan hasil penelusuran petugas di lapangan. Gangguan disebabkan petir yang menyambar jaringan transmisi mengakibatkan PLTU Tanjungkasam mengalami trip. Dampaknya PLN Batam kehilangan pasokan daya sebesar 100 MW, dari dua unit mesin pembangkit yang tidak beroperasi," kata Vice President of Public Relations bright PLN Batam, Bukti Panggabean.

Bukti menerangkan apabila ada gangguan listrik karena sesuatu hal maka untuk melindungi sistem jaringan distribusi listrik dan pembangkit dilakukan pemutusan jaringan secara otomatis melalui sebuah Circuit Breaker (CB). 

CB-trip berfungsi untuk melindungi jaringan distribusi listrik dan pembangkit dari kerusakan sistem yang lebih luas, dengan cara saling melepaskan diri. Saat ini bright PLN Batam masih berupaya melakukan pemulihan secara bertahap.

“Petugas dilapangan tengah melakukan upaya pengecekan dan upaya perbaikan untuk mempercepat pemulihan sistem kelistrikan. Proses penormalan terus kami lakukan, PLTU Tanjungkasam saat ini dalam persiapan start kembali. Karena butuh waktu untuk memanaskan uap diperkirakan dapat masuk ke sistem selama 8-10 jam kedepan. Hal ini memaksa kami untuk melakukan pemadaman dibeberapa tempat pada sebagian wilayah Batam. Jadwal pemadaman dapat dilihat pada Facebook dan website resmi bright PLN Batam” terang Bukti.

Baca juga: PLN Batam Target Rampungkan Jaringan Transmisi SUTT 150 kV Tahun Ini

Mewakili PLN Batam, Ia menyampaikan permintaan maaf atas pemadaman listrik dan ketidaknyamanan tersebut. 

"Kami selalu berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan proses perbaikan dan penormalan bertahap dan mengupayakan semua berjalan dengan aman sehingga sistem kelistrikan dapat pulih kembali lebih cepat," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews