Jadi Sajian Khas saat Imlek, Berikut 4 Manfaat Jeruk Mandarin Bagi Kesehatan

Jadi Sajian Khas saat Imlek, Berikut 4 Manfaat Jeruk Mandarin Bagi Kesehatan

Jeruk mandarin (Foto: unsplash/sharon mccutcheon)

Batam, Batamnews - Jeruk mandarin merupakan Jeruk yang sangat populer di dunia. Memiliki rasa manis dan segar, jeruk ini kerap hadir saat perayaan Imlek. Bentuknya yang bulat dan warna kuning keemasan dianggap sebagai lambang kekayaan dan nasib baik. 

Di balik sifat keberuntungannya, jeruk mandarin menyimpan sejumlah manfaat kesehatan. Nutrisi jeruk mandarin rata-rata memiliki banyak vitamin C selain sejumlah kecil vitamin dan mineral penting lainnya.

Dikutip dari Healthline, Senin (31/01/2022), berikut manfaat jeruk mandarin untuk kesehatan:

Baca juga: 9 Shio Ini Bakal Banyak Hoki dan Cuan di Tahun Macan Air 2022

1. Mengandung Antioksidan

Jeruk mandarin mengandung senyawa flavonoid yang merupakan antioksidan. Senyawa ini berguna membantu mempertahankan tubuh dari ketidakseimbangan radikal bebas yang dapat menyebabkan oksidasi.

Selain itu, kandungan flavonoid juga mampu mematikan sel-sel kanker yang bisa memicu risiko penyakit kanker.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Manfaat jeruk mandarin selanjutnya adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C di dalam jeruk ini berguna meningkatkan fungsi sel kekebalan demi melawan kerusakan oksidatif.

Baca juga: 7 Tradisi Unik Keluarga Tionghoa di Indonesia saat Imlek

3. Mengurangi risiko batu ginjal

Selain memperkuat imun, manfaat jeruk mandarin juga dapat mengurangi risiko terkena batu ginjal loh. Buah sitrus seperti jeruk mandarin ini memiliki manfaat sebagai sumber asam sitrat alami yang dapat mencegah risiko batu ginjal dan kekambuhan pada pengidapnya.

Sebagaimana diketahui, batu ginjal adalah sebuah kondisi terbentuknya endapan keras dari mineral dan garam yang terjadi di dalam ginjal. Nah, salah satu penyebab batu ginjal adalah rendahnya kadar sitrat dalam urine.

4. Meningkatkan kesehatan usus

Manfaat jeruk mandarin juga bisa meningkatkan kesehatan usus. Kandungan serat larut dalam jeruk mandarin membuat manfaat jeruk mandarin baik bagi pencernaan.

Serat larut ini membentuk gel di saluran pencernaan yang kemudian menarik air ke usus untuk melunakkan tinja.

Selain itu, jeruk mandarin juga memiliki beberapa serat yang tidak larut. Kedua jenis serat dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis dan bahkan, dapat membantu seseorang untuk menurunkan berat badan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews