Update Corona Batam: 18 Kasus Baru Positif Covid-19 saat Imlek

Update Corona Batam: 18 Kasus Baru Positif Covid-19 saat Imlek

Peta terkini persebaran kasus Corona di Kota Batam. (Foto: Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam)

Batam, Batamnews - Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batam, Kepulauan Riau terus menunjukkan peningkatan dalam beberapa hari terakhir.

Tepat pada perayaan Imlek, Selasa (1/2/2022), kasus baru positif Covid-19 bertambah 18 kasus. Demikian data terbaru Satuan Tugas Covid-19 Kota Batam.

Rinciannya adalah 5 kasus bergejala, 3 kasus tanpa gejala, 3 kasus konfirmasi perjalanan, dan 7 kasus konfirmasi kontak.

Dengan tambahan ini, total ada 60 kasus aktif, dengan 37 orang diantaranya terpapar varian Omicron. 

Sebanyak 51 pasien kini dirawat di RSKI Galang, 5 orang di RS Awal Bros. Lalu 4 orang dirawat di RS Budi Kemuliaan, RS Elisabet Lubukbaja, RS Elisabet Batam Kota dan RS BP Batam.

Kasus Omicron Meningkat

 

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan seluruh pasien terkonfirmasi positif Corona pada hari ini sedang dijemput oleh petugas Dinas Kesehatan untuk diisolasi.

Ia menyampaikan saat ini pasien Covid-19 di Kota Batam tidak diperbolehkan untuk menjalani isolasi mandiri. Karena kondisi kasus Omicron sudah mulai kenaikan secara signifikan. 

Selain itu, isoman tidak diperbolehkan karena berdasarkan evaluasi penanganan kasus Covid-19 pada Juni-Juli 2021, saat itu kasus Covid-19 terjadi ledakan. 

“Kalau isoman di rumah masing-masing, tidak ada jaminan kalau tidak ada interaksi, sehingga sekarang diambil kebijakan dirawat di RSKI,” katanya. 

Menurutnya, dengan penambahan kasus Covid-19 dalam 2 minggu terakhir menunjukkan grafik yang naik signifikan. 

Ia mengharapkan agar masyarakat dapat membantu pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes). 

Amsakar juga mengaku bahwa dirinya telah memerintah kepada Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintah (Tapem) agar segera berkomunikasi dengan kecamatan untuk meningkatkan aktivitas pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). 

“Kembali ditingkatkan PPKM, besok saya juga akan memanggil petugas dinkes dan satgas, agar dapat segera mengambil langkah-langkah berkenaan kasus omicron yang sudah mulai naik,” ucapnya.

Sebaran Kasus Corona

 

Hingga hari ini, peta sebaran kasus aktif Corona terdapat di 8 dari 12 kecamatan di Batam.

Mayoritas kecamatan ini berada di kawasan mainland. Seperti Batam Kota yang merupakan satu-satunya berstatus zona oranye.

Kemudian Nongsa, Bengkong, Batuampar, Sekupang, Lubukbaja, Sagulung dan Seibeduk berada di zona kuning.

Sedangkan Batuaji merupakan satu-satunya kecamatan di kawasan mainland yang berada di zona hijau bersama dengan Bulang, Galang dan Belakangpadang di hinterland.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews