Breaking News: 5 Warga Batam Positif Omicron

Breaking News: 5 Warga Batam Positif Omicron

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Virus Corona varian Omicron mulai menjangkiti warga Batam, Kepulauan Riau. Hal ini ditemukan di tengah lonjakan kasus Corona dalam beberapa terakhir.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan ada lima orang warga yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron atau B.1.1.529. 

“Ada 5 orang warga Batam (positif Omicron). Sebelumnya 2 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia juga telah terkonfirmasi positif Omicron,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi, Kamis (27/1/2022).

Ia menjelaskan, kelima orang tersebut tidak seluruhnya memiliki kontak satu dengan yang lain. Adapun diantaranya 1 orang diketahui memiliki riwayat perjalanan ke luar Batam, 3 orang merupakan karyawan perusahaan di Kawasan Kabil.

Sementara, 1 orang lagi merupakan hasil dari screening di Bintan, pada Minggu (23/1/2022).

“4 orang hasil screening di Batam langsung kami tempatkan di RSKI Galang, namun yang hasil screening di Bintan itu tidak segera kami evakuasi karena screening dilakukan di Bintan,” katanya.

Namun pagi ini, Didi memastikan 1 orang tersebut sedang dievakuasi ke RSKI Galang.

Lebih lanjut Didi menambahkan 3 orang karyawan yang probable Omicron tertular pada saat meeting. Akan tetapi, ada hal yang mengherankan dari hasil screening ketiga orang tersebut, karena penular pertama pada awalnya belum terdeteksi probable Omicron.

“Kami juga heran, saat dilakukan tracing dan screening, hasilnya kontak erat dengan penular pertama merupakan probable Omicron,” ucapnya.

Kepala Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP), Budi Santosa juga membenarkan 5 orang warga Batam yang terkonfirmasi varian Omicron. Sedangkan di Kepri, total kasus Omicron berjumlah 6 orang.

“6 orang warga lokal, dan 2 orang PMI (kasus Omicron sebelumnya),” ujar Budi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews