Dilengkapi Chip, Perubahan Warna Pelat Nomor Kendaraan di Kepri Mulai Maret 2022

Dilengkapi Chip, Perubahan Warna Pelat Nomor Kendaraan di Kepri Mulai Maret 2022

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Perubahan warna dasar tanda nomor kendaraan bermotor atau plat nomor untuk wilayah Kepulauan Riau akan dilakukan pada bulan Maret mendatang. 

Pergantian warna pelat nomor kendataan tersebut masuk dalam Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi kendaraan bermotor. 

"Rencananya di bulan Maret ini, namun kita masih menunggu petunjuk kepastian dari Korlantas Mabes Polri," ujar Dirlantas Polda Kepri Kombes Po Medyanta, Sabtu (29/1/2022).

Menurutnya, nantinya pergantian warna pelat nomor kendaraan tersebut dilakukan secara bertahap sesuai dengan perpanjangan plat yang telah habis masa berlakunya. 

Kemudian pada pelat tersebut selain warnanya yang berganti juga akan dipasangkan chip khusus atau Radio Frequency Identification (RFID). Dimana chip tersebut bisa digunakan untuk pembayaran parkir, tol, sampai dengan memantau pelanggaran pengemudi.

"Selain pergantian akan dipasangkan chip juga pada pelat kendaraan, namun hal itu dilakukan sembari menunggu bahan yang saat ini lagi dibuat dan menunggu plat lama habis digunakan," bebernya. 

Baca: Kendaraan di Tiga Daerah Kepri Pakai Pelat Nomor Warna Hijau Mulai 2022

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt mengatakan, untuk di wilayah kepulauan Riau ada tiga daerah yang nantinya menggunakan pelat nomor berwarna hijau. 

"Ketiga daerah tersebut yakni Kota Batam, Kabupaten Karimun dan Kabupaten Bintan," katanya. 

Sebab pelat nomornya dengan warna dasar hijau ini diberlakukan untuk kendaraan bermotor di kawasan perdagangan bebas yang mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk dan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Selain ketiga wilayah tersebut maka pelat kendaraan bermotor akan menggunakan pelat kendaraan dasar putih tulisan hitam. 

"Sedangkan kendaraan umum seperti angkot atau taksi tetap menggunakan warna dasar kuning tulisan hitam," ucap Harry.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews