Kontroversi Siwi Widi: Tuduhan Gundik hingga Korupsi Ditjen Pajak

Kontroversi Siwi Widi: Tuduhan Gundik hingga Korupsi Ditjen Pajak

Siwi Widi Purwanti

Jakarta, Batamnews - Sosok Siwi Widi Purwanti kembali menjadi perbincangan usai namanya disebut Jaksa KPK dalam sidang kasus dugaan korupsi mantan Pegawai Ditjen Pajak, Wawan Ridwan. Siwi Widi sebelumnya juga sempat menjadi buah bibir karena tudingan menjadi 'gundik'.

Siwi Widi awalnya dikenal sebagai pramugari maskapai Garuda Indonesia. Selain menjadi pramugari, saat itu ia dikenal sebagai selebgram.

Baca juga: Pramugari Garuda Siwi Widi Cabut Laporan Terhadap Akun @digeeembok

Namanya mendadak viral lantaran dituding sebagai simpanan salah satu petinggi Garuda. Tudingan itu dilontarkan oleh akun Twitter @digeeembok yang menyebut Siwi sebagai 'gundik' dari Heri Akhyar.

Siwi merasa dicemarkan nama baiknya oleh akun tersebut. Didampingi oleh pengacaranya, Elza Syarief, ia pun melaporkan akun @digeeembok ke polisi.

Laporan polisi tersebut tertanggal 28 Desember 2019 dengan nomor LP/8420/XII/2019/PMJ/Dit. Reskrimsus dengan tuduhan pencemaran nama baik melalui media sosial.

Siwi Widi saat itu menyatakan semua cuitan di akun digeeembok yang terkait dirinya tidaklah benar. Dia mengatakan cuitan-cuitan tersebut sangat merugikan keluarganya.

Baca juga: Mantan Pramugari Ini Jatuh Cinta dengan ODGJ

"Jadi semua pemberitaan dari akun @digeeembok itu tidak benar dan saya merasa benar-benar harga diri saya dicoreng dan privasi saya untuk berada di pekerjaan saya seorang pramugari merasa saya tidak nyaman dan keberadaan pemberitaan itu pastinya sangat merugikan diri saya, keluarga saya, dan lingkungan saya," ungkap Siwi.

Selain terkait kasus ini, Siwi Widi sempat jadi perbincangan karena diprotes oleh seorang wanita bernama Heyna Jimenez di Instagram lantaran memposting foto suaminya. Siwi mengaku foto itu diambil pada 2018 dan ia menyebut itu kesalahpahaman.

 

Siwi Cabut Laporan

Kasus ini pun terus bergulir. Polisi bahkan telah memeriksa sejumlah saksi terkait laporan Siwi Sidi itu, termasuk memeriksa Siwi Sidi sendiri sebagai pelapor.

Total sebanyak 7 saksi sudah diperiksa polisi, termasuk Siwi sebagai pelapor kasus 'Gundik'. Dari saksi-saksi yang diperiksa, polisi juga mencari tahu terkait sosok Siwi. Polisi menyatakan Siwi Sidi hanya pegawai kontrak.

Namun akhirnya Siwi Sidi mencabut laporan terhadap akun @digeeembok.

"Memang benar, sejak 10 Juli lalu yang bersangkutan sudah mencabut laporan dan sudah diterima," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Senin (31/8/2020).

Namun Yusri tidak menjelaskan lebih lanjut soal alasan Siwi Sidi mencabut laporannya.

"Jelas pasti dia cabut dengan satu alasan," katanya.

 

Nama Siwi Muncul di Sidang Kasus Pajak

Jaksa KPK menyebut duit di kasus dugaan korupsi mantan Pegawai Ditjen Pajak, Wawan Ridwan, mengalir ke mantan pramugari Garuda Siwi Widi Purwanti.

Keterangan baru mengenai kasus ini tersingkap di persidangan. Wawan Ridwan disebut mengalirkan uang korupsinya ke sejumlah orang, termasuk ke Siwi Widi.

"Terdakwa I Wawan Ridwan bersama Muhammad Farsha Kautsar selaku anak kandung terdakwa menempatkan, mentransfer, mengalihkan, membelanjakan, membayarkan, menghibahkan, menitipkan, membawa ke luar negeri, mengubah bentuk, menukarkan dengan mata uang atau surat berharga atau perbuatan lain atas harta kekayaan," ucap jaksa KPK M Asri Irwan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakpus, Rabu (26/1/2022).

Jaksa mengatakan Wawan menyembunyikan harta yang berasal dari penerimaan suap dan gratifikasi saat dia menjabat Kabid Pendaftaran Ekstensifikasi dan Penilaian Kanwil Ditjen Pajak Sulselbartra. Jaksa menyebut Wawan dan anaknya membelanjakan uang korupsi itu untuk membeli tanah, mobil, hingga jam tangan mewah.

Selain itu, ada uang korupsi yang mengalir ke Siwi Widi Purwanti. Jaksa mengungkapkan Siwi Widi menerima uang Rp 647 juta dari anak Wawan. Seusai persidangan, jaksa KPK M Asri Irwan membenarkan Siwi Widi adalah mantan pramugari Garuda Indonesia.

"Mantan (pramugari Garuda Indonesia)," kata jaksa Asri seusai sidang.

Lalu apakah Siwi akan dipanggil dalam sidang? Jaksa mengatakan Siwi dan sejumlah saksi lain akan dipanggil dalam sidang.

"(Siwi Widi) panggil, saksi yang dipanggil banyak, ada sekitar berapa puluh," ucap jaksa Asri.

Terkait dugaan aliran duit ini, KPK menyatakan Siwi Widi bakal dipanggil ke persidangan.

"Ya tentu. Pemanggilan saksi-saksi di persidangan sesuai kebutuhan pembuktian surat dakwaan," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (27/1/2022).

Ali mengatakan KPK akan memanggil Siwi Widi di persidangan untuk mengurai dugaan aliran uang dari perbuatan terdakwa Wawan. Dia juga meminta masyarakat mengawal proses persidangan yang tengah berjalan.

"Kami pasti akan memanggil saksi-saksi yang relevan dengan dugaan uraian perbuatan terdakwa. Kami juga mengajak masyarakat mengawal proses persidangan yang terbuka untuk umum ini," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews