Rudi Ungkap Keuntungan Pelabuhan Baru Internasional Batam di Tanjungpinggir

Rudi Ungkap Keuntungan Pelabuhan Baru Internasional Batam di Tanjungpinggir

Ilustrasi

Batam, Batamnews - Pemerintah Pusat berencana akan membangun satu pelabuhan bongkar muat bertaraf internasional di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Pelabuhan ini dibangun di kawasan Tanjungpinggir, Sekupang.

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi mengatakan, pelabuhan baru tersebut dibangun untuk menjadikan Batam sebagai hub internasional, sesuai dengan PP nomor 41 tahun 2021 tentang penyelenggaraan kawasan ekonomi khusus (KEK).

“Hub logistik ini artinya seluruh barang yang masuk ke Indonesia, akan singgah di Batam,” ujar Rudi, Selasa (25/1/2022).

Baca juga: Pelabuhan Baru Internasional Batam di Tanjungpinggir Rampung 2024

Sebelumnya, Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan telah mengecek langsung ke lokasi pelabuhan baru di Tanjungpinggir, Senin (24/1/2022).

Rudi menyampaikan bahwa ada 18 juta TEUs, barang yang masuk ke Indonesia, dan transshipment (pemindahan muatan) dilakukan di Singapura. Dengan ada pelabuhan baru ini, transshipment itu akan dipindahkan ke Batam.

“Jadi tidak lagi melalui Singapura, bisa lewat Batam,” katanya.

Sedangkan Pelabuhan Batuampar hanya memiliki kapasitas 520 ribu TEUs. Walaupun demikian, revitalisasi Pelabuhan Batuampar masih tetap berjalan dan juga akan mendukung keberadaan calon pelabuhan bongkar muat di Tanjungpinggir.

Baca juga: Fakta-fakta Pelabuhan Baru di Tanjung Pinggir Sekupang yang Akan Rampung 2024

Lebih lanjut Rudi menjelaskan, barang yang masuk ke Asia Tenggara melalui Malaysia dan Singapura. Peluang ini juga akan diambil dengan pelabuhan baru dengan luas hingga 320 hektare (Ha), menjadikan pelabuhan terbesar di Indonesia.

“Daya saing (Batam) dengan Singapura jadi semakin meningkat,” ucapnya.

Rudi menegaskan, sementara ini hanya ada dua pelabuhan bongkar muat. Sementara Pelabuhan Kabil, masih hanya berfungsi untuk distribusi minyak saja. Padahal sebelumnya Luhut menyebutkan bahwa ada pelabuhan bongkar muat yang akan dibangun, salah satunya di Kabil.

“Minggu depan kami diundang oleh Pak Luhut, nanti kami jelaskan kepada beliau, apa saja pelabuhan yang ada di Batam, beliau juga nanti paham,” pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews