Batam Siaga Corona, Rudi Perintahkan Puskesmas Perkuat Tracing

Batam Siaga Corona, Rudi Perintahkan Puskesmas Perkuat Tracing

Wali Kota Batam Rudi. (Foto: Batamnews)

Batam, Batamnews - Kota Batam, Kepulauan Riau siaga Corona menyusul lonjakan kasus baru positif Covid-19 dalam beberapa hari terakhir. 

Wali Kota Batam, Rudi mememerintahkan seluruh kepala puskesmas untuk kembali melakukan tracing (penelusuran kontak).

“Pasti kami akan mengambil langkah (pencegahan), jika dalam satu minggu ke depan ada lonjakan lagi, tentu ada kebijakan yang kami ambil,” ujar Rudi usai virtual meeting dengan Presiden RI di Mal Botania 2, Batam Centre, Selasa (25/1/2022).

Ia bahkan menyebut, ada tambahan kasus baru pada hari. Kasus aktif Corona bahkan menyentuh 23 kasus atau bertambah 4 kasus dibandingkan hari sebelumnya.

Baca: Update Corona Batam: Kasus Positif Berlipat Ganda Sepanjang Januari 2022

Selain upaya tracing, Rudi juga meminta kepada masyarakat Batam untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Di samping itu, Pemerintah memastikan pelaksanaan vaksin tetap berjalan.

“Kuncinya cuma satu, pakai masker, saya mohon kepada masyarakat untuk memakai masker,” katanya.

Gelombang 3 Omicron diperkirakan akan berakhir pada bulan April mendatang. Rudi meminta agar masyarakat bisa tetap disiplin menerapkan prokes.

“Waktunya 3 bulan lagi, ayo kita jaga bersama, saya ulangi lagi, pakai masker,” katanya menegaskan.

Saat ini penanganan Covid-19 kata Rudi berjalan dengan baik, gedung asrama haji digunakan untuk isolasi 23 pasien Covid-19. Khusus masyarakan Batam yang terpapar Covid-19, gedung asrama haji digunakan sebagai isolasi terpadu.

Sedangkan fungsi lainnya, gedung itu juga dipakai bagi para Pekerja Migran Indonesua (PMI) untuk karantina. Sedangkan PMI yang terpapar Covid-19 dirawat di rumah sakit khusus infeksi (RSKI) Galang.

“Kalau PMI positif Covid-19, dirawat di RSKI Galang, totalnya kalau tidak salah 51 orang, sedangkan yang karantina berjumlah 1.550 orang,” ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews