Sambut Imlek, PKP Peduli Santuni Lansia di Panti Jompo Batam

Sambut Imlek, PKP Peduli Santuni Lansia di Panti Jompo Batam

Rombongan PKP Peduli kala menyerahkan bantuan kepada panti lansia di Batam.

Batam - Sempena menyambut Imlek tahun 2022, pengembang PKP menyantuni kaum tua atau lansia yang ada di sejumlah panti di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu (22/1/2022).

Melalui program PKP Peduli, pengembang itu menyambangi 3 panti jompo di Batam. Salah satu yang dikunjungi mereka yakni Yayasan Budi Sosial di ruko sekitar Tos 3000, Nagoya.

Kunjungan PKP Peduli ini disambut langsung oleh pengelola yayasan, Yuna.

Diceritakan Yuna, Yayasan Budi Sosial sudah berdiri sejak beberapa tahun lalu. Terdiri atas 4 bangunan, yakni di lokasi ruko no 10 serta di ruko no 1.

Kedua berada di komplek yang sama. Sedangkan sisa yang lain berlokasi di perumahan Sakura Garden, Batuampar, dan perumahan Palm Beach, Baloi.

Pada kunjungan PKP di tahun lalu, ada 39 orang penghuni. Namun di tahun ini bertambah menjadi 45 orang penghuni.

"Rata-rata sudah berusia tua, ada yang tapho (sebutan laki-laki di etnis Tionghoa), ada juga yang cabho (sebutan perempuan di etnis Tionghoa). Kebanyakan sudah akong-akong atau apek-apek. Diantara para penghuni, ada yang terkena penyakit stroke," kata dia.

PKP Peduli juga menyambangi Panti Batam Indah yang berlokasi di Ruko Taman Niaga, dekat Kepri Mall. Di sana ada 9 orang penghuni panti. Kedatangan mereka diterima oleh salah satu staf yakni Kintan.

Acara pembagian santunan tidak berlangsung lama, tidak ada acara seremoni. Acara serah terima santunan dilakukan di depan ruko panti saja.

Ada sembako seperti beras, minyak, mie instan, gula, dan lainnya. Ada juga obat-obatan sampai beragam pembersih rumah.

Juga tidak ketinggalan barang keperluan orang tua seperti pampers. Ada juga makanan ringan berupa kue kering, minuman serta buah-buahan.

Barang tersebut disesuaikan dengan kebutuhan panti. Menurut Manager Promosi PKP, Rio Naldi, pihaknya selalu konsisten ikut membantu mereka yang memerlukan bantuan.

"PKP yang tahun ini sudah berusia 34 tahun, akan terus berupaya membantu sesama dengan beragam program bantuan CSR sebagai bentuk tanggung jawab sosial terhadap sekitarnya," kata Rio.

Selain itu, rombongan juga mengunjungi lokasi ketiga, yakni Panti Wreda Sukacita di Sei Panas. Mereka bertemu langsung dengan pengelola yakni, Po Ni.

Po Ni mengatakan, panti tersebut sudah sekitar 12 tahun dikelolanya rengan menangani mereka yang telah berusia lanjut atau jompo.

Di akhir kunjungan, salah satu dari rombongan PKP, Mulia menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan pihaknya. "Ini hanya sekadar berbagi saja, mumpung akan tahun baru imlek," ujarnya. 

(jun)

Berita Terkait