Fakta Mengerikan Kecelakaan Beruntun di Lampu Merah Balikpapan

Fakta Mengerikan Kecelakaan Beruntun di Lampu Merah Balikpapan

Rekaman CCTV kecelakaan maut di lampu merah Kota Balikpapan. (Foto: ist)


Jakarta, Batamnews - Kecelakaan beruntun di Balikpapan melibatkan truk tonton dan sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat di wilayah Muara Rapak, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). 

Truk tonton yang mengalami rem blong menabrak sejumlah kendaraan hingga menewaskan 4 orang.

Baca juga: Kecelakaan Maut di Balikpapan Jadi Trending Topic Twitter

Kecelakaan terjadi di area turunan simpang traffic light Muara Rapat, Balikpapan Utara, Kalimantan Timur pada Jumat (21/1/2022) sekitar pukul 5 pagi waktu setempat. Sopir truk tonton pun telah diamankan polisi.

Berikut sejumlah fakta terkini terkait kecelakaan beruntun Balikpapan.

Terekam kamera CCTV. 

Dari rekaman, terlihat truk tronton berkelir coklat tiba-tiba melaju cepat di jalan menurun, lalu menghantam sejumlah kendaraan yang tengah berhenti di lampu merah dari arah belakang.

Tampak mobil dan motor berhamburan diseruduk tronton tersebut. Sejumlah pengendara juga terlempar ke jalan.

Rem Blong

Kecelakaan Balikpapan bermula dari truk tronton yang mengalami rem blong. Lantaran tak bisa menahan laju kendaraan, truk tronton menabrak sejumlah pengendara tadi pagi (21/1).

Baca juga: Korlantas Polri Kirim Tim Selidiki Kecelakaan Maut di Balikpapan

"Iya tadi pagi (kejadiannya) jam 5 lebih," kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo via detikcom, Jumat (21/1/2022).

Kecelakaan terjadi sekitar pukul 05.00 Wita. Puluhan pengendara yang sedang antre di lampu merah tiba-tiba diseruduk truk tronton.

"Dari arah belakang meluncur truk tronton. Truk tronton itu mengalami rem blong, sehingga menabrak menyeruduk kendaraan di depannya yang berhenti di lampu merah," lanjut Yusuf.

Ada Korban Anak-anak

Dari total korban yang mengalami kecelakaan maut, terungkap ada seorang anak-anak. Korban bersama orang tuanya saat itu sedang mengendarai mobil dan terlibat kecelakaan beruntun.

Baca juga: Truk Tronton Seruduk Kendaraan di Lampu Merah Balikpapan, 5 Tewas

"Ada korban anak-anak. Saat kejadian, korban bersama kedua orang tuanya sedang mengendarai mobil dan berhenti persis di lampu merah," ucap Kepala BPBD Kota Balikpapan Usman Ali, Jumat (21/1/2022).

Disebutkan anak dan ibu yang berada di dalam mobil mengalami luka ringan. Sementara kondisi ayahnya mengalami luka yang cukup parah. "Dan ketiganya sudah kita larikan ke rumah sakit," bebernya.

Ketiga korban berstatus ayah ibu dan anak tersebut merupakan warga Samarinda yang sedang melakukan perjalanan ke Balikpapan.

"Mereka dari Samarinda. Pihak keluarga korban sudah juga sudah kita hubungi," kata Usman.

Saat evakuasi, Usman menerangkan, banyak warga sekitar yang menolong. Para korban yang terluka dibawa menggunakan ambulans ke rumah sakit terdekat.

Baca juga: Terjebak Kebakaran, Seorang Balita 3 Tahun di Karimun Meninggal Dunia

Selain itu, lokasi kecelakaan maut di simpang lampu merah Muara Rapak kini sudah bersih dari puing-puing serpihan kendaraan dan bercak darah para korban.

"Kami sudah melakukan pembersihan di lokasi kejadian. Sekitar jam 9 jalan sudah bersih, tadi tim juga sudah melakukan penyemprotan untuk membersihkan darah para korban di lokasi," ungkapnya.

 

Sopir Truk Tronton Diamankan

Sopir truk tronton yang menjadi penyebab kecelakaan maut diamankan polisi. Sopir itu diamankan ke Polresta Balikpapan.

"Pengemudi (tronton) sudah kami amankan ke Polresta Balikpapan," kata Yusuf.

Diketahui sopir truk tronton bernama M Ali (47). Truk tronton yang dikendarainya membawa muatan kapur.

"Muatan kontainer 20 feet berisi kapur pembersih air dengan berat 20 ton yang hendak diantar ke Kampung Baru, Balikpapan Barat," kata Yusuf.

Truk Tronton Mengalami Rem Blong

Sopir disebut sudah menurunkan gigi persneling dari empat ke tiga, namun upaya itu tidak cukup karena rem truk tronton blong.

"Rem sudah tidak berfungsi dan truk tronton meluncur laju (kencang) dan menabrak yang ada di depannya dan pada saat kejadian TL (traffic light) Muara Rapak warna merah," kata dia.

Meski sudah diamankan, sopir masih sebatas dimintai keterangan awal. Yusuf mengatakan pihaknya saat ini masih berfokus pada penanganan korban dan melakukan olah TKP.

"Yang kami prioritaskan penanganan evakuasi korban dan lain sebagainya, lalu melakukan olah TKP di lapangan," pungkas Kombes Yusuf.

20 Kendaraan Rusak

Sebanyak 20 kendaraan rusak setelah terlibat kecelakaan beruntun truk tronton di Muara Rapak, Kota Balikpapan, Kaltim. Kendaraan yang rusak terdiri dari mobil dan motor yang tengah berhenti di lampu merah.

"Enam unit mobil dan 14 motor mengalami kerusakan," kata Yusuf.

Korban Tewas 4 Orang

Polisi meralat jumlah korban tewas akibat kecelakaan maut truk tronton yang menabrak sejumlah kendaraan di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). Polisi menyebut ada empat orang yang tewas, bukan lima.

"Meninggal dunia 4 orang," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jumat (21/1/2022).

Dedi menyebut satu korban lainnya kritis. Sementara, ada 21 orang lain yang mengalami luka-luka.

(fox)