Cek! Ini Efek 'Ngeri' Untuk Kamu yang Jarang Mandi

Cek! Ini Efek

ilustrasi.

Jakarta, Batamnews - Kebiasaan jarang mandi tidak hanya bisa menimbulkan bau badan, tapi ada juga efek lain yang menyertainya. 

Orang yang jarang mandi berpotensi lebih mudah mengalami infeksi-infeksi penyakit tertentu. 

Karena itu, untuk yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia, mandi dianjurkan dilakukan dua kali sehari, yakni pagi dan sore hari.

Berikut adalah efek tak terduga dari kebiasaan jarang mandi.

1. Meningkatkan keparahan penyakit kulit

Penumpukan kotoran, sel kulit mati, dan keringat di permukaan kulit juga bisa terjadi akibat jarang mandi. Berbagai kotoran tersebut akan menyebabkan sumbatan atau tertutupnya pori-pori kulit. Kondisi ini dapat memicu atau memperburuk berbagai penyakit kulit, seperti jerawat psoriasis, dermatitis, hingga eksim.

2. Bau badan

Bau badan terjadi karena adanya percampuran antara cairan keringat dan bakteri yang ada di permukaan kulit. Pada dasarnya, keringat tidak beraroma atau menimbulkan bau. Namun, kontaminasi bakteri pada keringatlah yang memicu bau tidak sedap. Tumpukan bakteri di permukaan kulit bisa semakin menumpuk akibat jarang mandi. Maka tidak mengherankan bahwa bau badan dapat muncul jika Anda berkeringat saat jarang mandi. Khususnya di area ketiak dan selangkangan.

3. Bikin lemas dan gerah

Ternyata, jarang mandi juga bisa membuat tubuh menjadi lebih mudah lemas. Itu karena debu dan kotoran yang banyak menempel di tubuh. Selain merasakan gatal, Anda juga merasakan tubuh yang menjadi lebih gerah, sehingga membuat semangat dalam melakukan aktivitas menurun.

4. Sulit tidur

Jika Anda kerap sulit tidur atau insomnia, ternyata bisa disebabkan karena jarang mandi dan terjadi penumpukan kotoran di kulit. Debu dan kotoran yang menumpuk menyebabkan tubuh menjadi gerah, gatal, dan memberikan efek yang tidak nyaman saat tidur.

5. Infeksi jamur

Jamur merupakan salah satu gangguan yang bisa menyebabkan infeksi berat pada kulit. Jamur dapat berada di permukaan kulit, di alat kelamin, hingga di dalam mulut. Salah satu penyebab utama infeksi jamur adalah kebersihan diri yang kurang terjaga seperti akibat jarang mandi.

6. Rentan terkena flu dan demam

Tidak mandi pada pagi hari ternyata dapat meningkatkan suhu tubuh. Ini akan membuat Anda merasakan lebih gerah ketika siang hari. Selain itu, suhu tubuh juga ikut meningkat menyebabkan tubuh lebih rentan untuk terserang demam dan flu. 

(fox)