Disbudpar Batam Ingin 10 Ribu Pekerja Sektor Wisata Diberi Booster Vaksin

Disbudpar Batam Ingin 10 Ribu Pekerja Sektor Wisata Diberi Booster Vaksin

Menparekraf, Sandiaga Uno dan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menyaksikan vaksinasi pekerja wisata di Batam beberapa waktu lalu. (Foto: ist/ilustrasi)

Batam, Batamnews - Vaksin booster (tahap 3) akan diberikan kepada para pekerja wisata di Nongsa Sensation, Kota Batam. Vaksinasi dilakukan di Nuvasa Bay, Nongsa, Kamis (13/1/2022).

Vaksin tersebut diberikan ke peserta yang telah mendapatkan vaksin dosis kedua dengan jangka waktu lebih dari enam bulan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam, Ardiwinata menyambut baik rencana itu. Ia berharap, selain pelaku pariwisata di Nongsa Sensation, vaksin juga bisa diterima pelaku wisata lainnya di daerah setempat.

Baca juga: Tak Semua Orang Bisa Terima Booster Vaksin Covid-19

"Sesuai data pelaku pariwisata yang berdomisili di Kota Batam berjumlah 10.000, dan semuanya tuntas divaksin Covid-19 dosis kedua. Pesan saya harus detail, kami menyerahkan kepada tenaga kesehatan," ujarnya. 

Pemerintah Kota (Pemko) Batam terus mendukung langka pemerintah pusat untuk menuntaskan Covid-19. 

Menurutnya selain dapat menyehatkan tubuh, vaksin Covid-19 ini dapat meningkatkan kepercayaan wisatawan khususnya wisatawan domestik untuk datang ke Kota Batam. 

Selain pemberian vaksinasi, protokol kesehatan pun dilaksanakan secara ketat di tempat objek wisata yang ada di Batam. 

"Kami Disbudpar siap membantu pelaksanaan pemberian vaksin (booster Covid-19) nanti. Kami bisa turunkan tim sehingga kegiatan berjalan dengan lancar," kata Ardi.

General Manager Batam View Beach Resort, Andi Fong, mengucapkan terima kasih karena pemerintah menunjuk kawasan nongsa sebagai kawasan yang pertama di vaksin ketiga Covid-19. 

Ia mengatakan, 500 pekerja pariwisata yang akan menerima vaksin booster sebelumnya sudah mendapat vaksin dosis pertama dan kedua jenis Sinovac.  "Yang datang nanti vaksin Sinovac semua sehingga tidak bingung," ujarnya. 

Andi yang juga selaku Nongsa Sensation akan terus berkordinasi menyiapkan pekerja pariwisata yang akan menerima vaksin booster selanjutnya.

Baca juga: MUI Minta Pemerintah Pakai Vaksin Halal untuk Booster 

"Terus berkoordinasi, siapkan nama untuk vaksin selanjutnya, Vaksin Astrazeneca juga disiapkan sehingga tau berapa jumlahnya," kata dia.

Syarat yang harus dipenuhi saat melakukan vaksin ketiga Covid-19, yakni membawa kartu vaksin pertama dan kedua, sertifikat vaksin bisa dicek di Aplikasi PeduliLindungi, dan minimal jarak enam bulan dari vaksin dosis kedua. 

Kegiatan pemberian vaksin ketiga ini direncanakan secara serentak oleh Kemendagri diberbagai tempat di Provinsi Kepri. Rencananya Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian akan menghadiri pemberian vaksin booster tersebut. 

(jun)