Tampil Apik di Piala AFF, Pratama Arhan Banjir Peminat dari K-League

Tampil Apik di Piala AFF, Pratama Arhan Banjir Peminat dari K-League

Pratama Arhan Alif Rifai (kiri) bisa bertahan dan menyerang dengan sama baiknya. (AFP/ROSLAN RAHMAN)

Jakarta, Batamnews - Fullback kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan banjir peminat dari Liga Korea Selatan setelah tampil gemilang di Piala AFF 2020 Singapura, Desember 2021 lalu.

Ketertarikan klub asal Negeri ginseng itu kepada Arhan bahkan disebut tidak terjadi baru-baru ini, melainkan sejak pertengahan tahun. Kegemilangan yang dimiliki pemain kelahiran Blora itu di Piala AFF tahun ini membuat klub-klub Liga Korea tersebut makin tertarik.

Seongnam FC jadi salah satu klub Liga Korea yang disebut-sebut ikut membidik pemain 20 tahun tersebut. Dikutip dari Footballist, lebih dari satu klub Korea Selatan kini mengamati perkembangan Pratama Arhan usai kembali dari Piala AFF 2021.

"Menurut pejabat sepakbola, beberapa klub K-League menunjukkan ketertarikan pada full back kiri Timnas Indonesia, Arhan," tulis sebuah artikel di media tersebut.

Baca juga: Klub Korsel Diklaim Tertarik Rekrut Bek Timnas Indonesia Pratama Arhan

Sejumlah faktor jadi dasar ketertarikan klub-klub Korea Selatan. Selain kualitas mumpuni sebagai fullback, yang bisa bertahan dan menyerang dengan sama baik, siaran langsung Piala AFF di Korea Selatan jadi alasan lain.

Lewat siaran langsung itu klub-klub tersebut bisa mengetahui langsung permainan Arhan yang menciptakan sejumlah peluang serta mengemas dua gol di turnamen dua tahunan itu.

"Arhan sudah dikaitkan dengan klub K-League tahun lalu. Transfer tidak terjadi dan keinginan memudar, tetapi performa yang baik di Suzuki Cup, yang disiarkan di Korea, beberapa klub K-League mulai mengeksplorasi kemungkinan transfer Arhan dari klub PSIS," tulis Footballist.

Meski demikian sejauh ini belum ada tawaran resmi dari klub-klub Korea Selatan itu kepada PSIS Semarang, klub Pratama Arhan. PSIS sendiri tidak akan menahan Arhan apabila ada klub luar Indonesia yang berminat kepada pemainnya tersebut.

(ruz)