Varian Terbaru Corona Ditemukan di Perancis, Namanya IHU

Varian Terbaru Corona Ditemukan di Perancis, Namanya IHU

Ilustrasi. (Foto: Schengen Visa)

Paris - Saat dunia sedang berjuang melawan varian Omicron, para ilmuwan di Prancis telah mengidentifikasi varian baru Covid-19 yang dikatakan memiliki 46 mutasi.

Independent melaporkan bahwa varian baru bernama IHU, dengan kode B.1.640.2 sejauh ini telah menginfeksi 12 orang di tenggara Prancis.

Kasus pertama dikaitkan dengan seseorang dengan riwayat perjalanan ke Kamerun, Afrika Barat, kata para peneliti dalam sebuah makalah yang diterbitkan di medRxiv.

Namun, para ahli segera mengumumkan hanya karena varian baru ditemukan, itu tidak berarti IHU akan terbukti menular seperti strain lain, termasuk Omicron.

Dalam analisisnya, penulis laporan menemukan 46 mutasi yang tidak terdeteksi di negara lain, atau varian berlabel yang sedang diselidiki oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Genom diperoleh dengan mengurutkan generasi berikutnya.

Penulis laporan mengklaim orang yang diidentifikasi dengan varian IHU telah sepenuhnya divaksinasi.

Orang tersebut dinyatakan positif COVID-19 setelah kembali dari perjalanan tiga hari, di Kamerun.

Penulis makalah penelitian mengatakan "deteksi selanjutnya ... dari tiga mutasi pada gen lonjakan (kuku) untuk menyaring varian ... tidak cocok dengan pola varian Delta yang terlibat di hampir semua infeksi SARS-CoV-2 di waktu," katanya.

Dengan alasan bahwa kemunculan varian baru menekankan pentingnya 'pengawasan genomik', para penulis mengatakan, pengamatan mereka sekali lagi menunjukkan 'ketidakpastian kemunculan varian baru SARS-CoV-2'.

Dalam jaringan Twitter yang panjang, ahli epidemiologi dan rekan di Federasi Ilmuwan Amerika Eric Feigl-Ding mengatakan varian baru sedang dipantau untuk menilai sejauh mana itu bisa menular atau berbahaya.

“Ada banyak varian baru yang ditemukan setiap saat, tetapi tidak harus lebih berbahaya.

"Yang membuat varian ini lebih terkenal dan berbahaya adalah kemampuannya untuk bereproduksi karena jumlah mutasi yang dimilikinya terkait dengan virus aslinya," katanya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews