Kabar Timnas Thailand Didiskualifikasi di Piala AFF 2020 Ternyata Hoaks

Kabar Timnas Thailand Didiskualifikasi di Piala AFF 2020 Ternyata Hoaks

Pemain Thailand melewati hadangan pemain Indonesia.

Singapura, Batamnews - Baru-baru ini, ramai kabar Thailand akan kena diskualifikasi di Piala AFF karena kasus doping. Namun, kabar itu dipastikan hoaks!

Kabar tersebut muncul di berbagai platform sosial media. Ada narasi yang bertuliskan, Thailand akan ditendang dari Piala AFF karena kasus doping.

"Pantesan tenaga mereka seperti gajah, ternyata menggunakan doping," tulis salah satu kalimat yang beredar.

Dilansir dari Antara, kabar tersebut tidak berdasar. Pada laman resmi AFF, tidak ada informasi soal Thailand yang kena diskualifikasi karena doping.

Thailand juga tetap menjalani leg kedua final Piala AFF pada Sabtu (1/1/2022) malam WIB kontra Indonesia.

Baca juga: Beredar Isu Timnas Thailand Didiskualifikasi di Piala AFF 2020, Benarkah?

Soal doping, World Anti-Doping Agency (WADA) alias badan anti-doping dunia memang memberi sanksi kepada Thailand dan juga Indonesia terkait tidak patuh dalam menerapkan program pengujian doping yang efektif dan dinilai gagal untuk menerapkan kode anti-doping.

Hukuman dari bulan Oktober tersebut hanya mempengaruhi kedua negara dalam perihal tidak bisa mengibarkan bendera serta menyanyikan lagu kebangsaan di podium juara dan tidak bisa menjadi tuan rumah kejuaraan regional dan kontinental atau dunia selama dikenakan sanksi.

Meski begitu, baik Thailand dan Indonesia masih boleh berpartisipasi di berbagai kejuaraan. Pun kedua negara, masih berusaha melakukan banding.

Kabar soal Thailand kena diskualifikasi Piala AFF karena doping, sekali lagi, tidak berdasar alias hoaks. Pihak AFF tidak pernah memberikan pernyataan resmi soal hal itu!

(ruz)