Kapal Angkut 75 Fiber Ikan Tujuan Kalimantan Tenggelam di Perairan Natuna

Kapal Angkut 75 Fiber Ikan Tujuan Kalimantan Tenggelam di Perairan Natuna

Ilustrasi

Natuna, Batamnews - Kapal Motor (KM) Lira 2, bermuatan 75 fiber ikan tenggelam di perairan Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), akibat dihantam gelombang. Kapal pompong itu diketahui bertolak dari Pulau Midai pada Minggu (26/12/2021) lalu, menuju Kalimantan Barat.

"Kami hanya dapat kabar melalui radio mereka minta tolong, kapal sudah mulai tenggelam. Sementara lokasi dan koordinat tenggelamnya kapal kita tidak tahu dimana," kata Camat Midai, Jaunal kepada Batamnews, Selasa (28/12/2021) pagi.

Keberadaan para korban diketahui setelah ada kontak dari sebuah kapal pukat kepada nelayan Pulau Midai pada Senin (27/12/2021) malam.

Baca juga: Bakamla Tangkap Kapal Vietnam Curi 2 Ton Ikan di Laut Natuna

Setelah mengetahui lokasi korban selamat, pihak Kecamatan Midai bersama TNI-Polri dan tim medis dengan menggunakan KM Fisabilillah langsung menuju lokasi kapal pukat untuk melakukan proses evakuasi.

"Alhamdulillah pukul 02.05 WIB seluruh ABK KM Lira 2, berhasil di evakuasi ke KM Fisabilillah," ujar Jaunal.

Seluruh penumpang dan ABK KM Lira 2 berhasil diselamatkan dan saat ini telah tiba di Pulau Midai untuk menjalani perawatan medis. Diketahui, KM Lira 2 membawa 7 orang penumpang laki-laki dan satu orang perempuan dengan kapten dan 4 orang ABK.

Sementara itu, menurut keterangan Camat Midai, dalam kejadian ini pihaknya sudah berkordinasi dengan Basarnas, namun dikarenakan tidak adanya kelengkapan informasi dan titik koordinat tenggelamnya kapal, pihak Basarnas pun mengalami kesulitan dalam melacak lokasi tenggelamnya KM Lira 2.

(Yan)