Jenazah TKI Korban Kapal Karam Tiba di Lombok Tengah, Tangis Keluarga Pecah

Jenazah TKI Korban Kapal Karam Tiba di Lombok Tengah, Tangis Keluarga Pecah

Jenazah Syech Mulachela, korban kapal karam di perairan Malaysia asal Kampung Bhineka, Desa Kopang Rembiga, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah tiba di rumah duka pada Jumat, (24/12/2021) [SuaraBali.id/Lalu Muhammad Helmi Akbar]

Lombok Tengah - Jenazah Syech Mulachela (38), korban tewas dalam tragedi tenggelamnya kapal pengangkut TKI di Johor, Malaysia tiba di kampung halaman.

Jasad Mulachela diterbangkan dari Bandara Hang Nadim, Batam pada Jumat (24/12/2021) pagi dan tiba di Kampung Bhineka, Desa Kopang Rembiga, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah sekira pukul 14.30 WITA.

Suara.com melaporkan tangis haru keluarga dan kerabat korban pecah, ketika jenazah korban mulai turun dari mobil jenazah.

Baca: 11 Jenazah WNI Korban Kapal Karam di Johor Malaysia Tiba di Batam

"Kami menyampaikan prihatin dan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas peristiwa ini," ujar Lismia Pelita, Direktur Perlindungan dan Pemberdayaan Kawasan Asia Afrika BP2MI saat ditemui di rumah korban.

Pihaknya tengah menyelidiki proses pemberangkatan korban. Sebab, kata Lismia, korban kapal karam di perairan Malaysia berangkat secara ilegal.

"Kita akan melawan sindikasi penempatan ilegal, yang banyak menimbulkan korban terutama seperti sekarang ini," lanjut Lismia.

Baca: Daftar Identitas Jenazah WNI yang Dipulangkan dari Malaysia

Berdasarkan pantauan di lokasi, ratusan keluarga, tetangga, dan kerabat korban tampak menangis histeris. Ketika jenazah korban dibawa masuk ke dalam rumah duka.

Beberapa keluarga tampak jatuh pingsan seolah tak percaya bahwa korban telah tiada.

Selain jenazah Mulachela, dua jenazah yang juga diberangkatkan ke Lombok adalah Bangsal Udin Basar (43) dan Ahmad Abdullah Patoni (37) warga Lombok Timur.

Baca: 10 Jenazah WNI Korban Kapal Tenggelam di Malaysia Belum Bisa Dipulangkan

Jenazah korban lain asal Lombok akan dipulangkan pada esok hari, Sabtu (25/12/2021) yakni Sopian, asal Desa Sukaraja, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah.

Julia Ningsih, Desa Dasan Borok, Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur. Herman, warga Desa Keruak, Kecamatan Keruak, Lombok Timur. Serta Juminah, warga Desa Aik Dewa, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, jenazah Mulachela akan langsung dimakamkan pada hari ini di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kampung Bhineka Desa Kopang Rembiga.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews