Shin Tae-yong Sudah Tegur Asnawi soal Faris Ramli, Out jika Terulang!

Shin Tae-yong Sudah Tegur Asnawi soal Faris Ramli, Out jika Terulang!

Kapten Timnas Indonesia, Asnawi meledek pemain Singapura Faris Ramli yang gagal mengeksekusi penalti. Jika penalti ini masuk, Indonesia nyaris dipastikan tersingkir saat itu. (Foto: ist)

Jakarta, Batamnews - Shin Tae-yong meminta Asnawi Mangkualam tak pernah melakukan provokasi lagi. Jika dilanggar, ancamannya bisa tidak dipanggil ke Timnas Indonesia lagi.

Asnawi secara kontroversial menghampiri Faris Ramli, yang gagal mengeksekusi tendangan penalti menjelang akhir laga semifinal kedua Piala AFF 2020, Sabtu (25/12/2021). Kegagalan pemain Singapura itu sekaligus memupus harapan Singapura untuk melaju ke final.

Baca juga: Ejek Pemain Singapura, Shin Tae-yong Marah ke Asnawi Mangkualam

Andai penalti Ramli jadi gol, Singapura sangat mungkin menyisihkan Indonesia dari Piala AFF dengan skor 3-2. Tapi kegagalannya membuat skor tetap imbang 2-2, yang kemudian berhasil dimenangi Timnas Indonesia 4-2 lewat babak tambahan.

Saking gembiranya, Asnawi diduga mengucapkan ledekan 'thank you' atau terima kasih, ke Faris Ramli. Sambil memegang lawan, Asnawi kemudian dipisahkan oleh rekan Faris Ramli.

"Saya tidak tahu ada aksi itu saat masih di stadion, tapi saya terkejut setelah melihat video tayangan ulang," kata Shin Tae-yong, dikutip dari media Korea, Joongang.

"Setelah makan siang, saya menegur Asnawi dan mengatakan, 'jika itu terjadi lagi selama saya masih menjadi pelatih, jangan pernah berharap datang ke timnas'," ujarnya.

Shin Tae-yong adalah sosok yang sangat menjunjung tinggi sikap fair play. Ia sendiri sempat bersitegang dengan bench Singapura karena kecewa pemain lawan merayakan gol di depan bench Timnas Indonesia.

Ia juga tak banyak protes saat Timnas Indonesia dirugikan wasit karena tak menghadiahi penalti buat timnya pada semifinal leg pertama. Pelatih asal Korea lebih memilih menghargai keputusan wasit.

Baca juga: Bak 'Drama Korea' Shin Tae-yong Bawa Indonesia ke Final

Dengan nilai yang dianutnya itu, ia pun sangat kecewa melihat aksi Asnawi. Pemain Ansan Greeners diminta untuk tak mengulangi lagi tindakan itu di kesempatan selanjutnya.

"Semua pemain di lapangan adalah rekan kerja, betapa hancur perasaannya setelah gagal mencetak gol penalti. Sesuatu yang tidak diterima juga buat pemain merayakan gol di depan bench lawan," ucap Shin Tae-yong.

"Asnawi sudah berjanji ke saya untuk tak melakukannya lagi," kata dia lagi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews