Umat Kristiani Batam Rindukan Suasana Natal Sebelum Pandemi

Umat Kristiani Batam Rindukan Suasana Natal Sebelum Pandemi

Gereja Santo Petrus, Batam.

Batam, Batamnews - Semarak Natal tentunya sangat berkesan bagi yang merayakan. Rata-rata hampir seluruh umat Kristiani merindukan suasana Natal sebelum di masa sebelum pandemi Covid-19.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Yohanes, warga Batam, Kepulauan Riau. Ia mengungkapkan perayaan Natal dalam dua tahun terakhir jauh berbeda dari yang sebelumnya, dikarenakan virus Corona mewabah.

"Biasanya kami (keluarga) meratakannya dengan kumpul bersama penuh suka cita. Sekarang juga masih kumpul bareng, tapi tak semua dapat hadir di rumah merayakan Natal karena ada sebagian yang berada di luar kota tak dapat pulang," ujar dia, saat ditemui di Gereja St Petrus, Batam, Sabtu (25/12/2021).

Di tahun ini lebih mendingan dari tahun lalu. Sebagaimana diketahui, di 2020 angka Covid-19 di Batam sangat tinggi hingga seluruh wilayah berada di zona merah.

"Sekarang mendingan, sudah agak aman, zona hijau juga, kan. Tapi tetap, kita masih terbentur aturan, semacam larangan mengadakan pesta dan kumpul bersama dengan jumlah orang banyak," katanya.

Saat mengikuti Misa Natal di tahun lalu, ia bahkan tak dapat membawa sang anak dan istri. Dikarenakan jemaat yang masuk ke gereja dibatasi.

"Dulu itu anak istri saya nggak bisa ikut. Anak masih usia beberapa bulan, istri juga tentunya harus jaga kesehatan. Jadi terpaksa saya sendiri saya yang ibadah. Jemaat gereja juga terbatas," kata Yohanes.

Terlepas dari itu semua, ia berharap di tahun depan bisa merasakan euforia Natal yang lebih meriah. Tak ada pandemi dan larangan atau batasan merayakan hari raya.

"Puji Tuhan masih diberi kesehatan. Semoga saja kita dipertemukan di Natal tahun depan. Ya, yang jelas dengan kondisi yang lebih baik lagi, lah," kata dia.

(jun)