Puluhan Ribu Penumpang Tinggalkan Karimun Jelang Perayaan Natal

Puluhan Ribu Penumpang Tinggalkan Karimun Jelang Perayaan Natal

Aktivitas penumpang di Pelabuhan Domestik Karimun, pada H-2 Natal 2021. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun, Batamnews - Arus penumpang di Pelabuhan Domestik Karimun, Kepulauan Riau meningkat pada jelang perayaan Natal. Penumpang didominasi oleh mereka yang meninggalkan Karimun.

Kantor Kesyahbandaran dan Orotitas Pelabuhan (KSOP) kelas I Tanjungbalai Karimun mencatat ada puluhan ribu penumpang yang berangkat sejak H-8 Natal, atau 17 Desember 2021.

Hingga 23 Desember 2021, KSOP mencatat ada sebanyak 26.648 penumpang naik atau berangkat dari Pelabuhan Karimun. 

"Penumpang ini berangkat berbagai tujuan seperti Kota Batam, Tanjungpinang, Dumai, Buton, juga dari pelabuhan antar pulau dalam kabupaten," kata Pelaksana Harian Kepala KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun, Adi Affandi, Jumat (24/12/2021).

Tidak hanya keberangkatan, untuk jumlah penumpang yang datang atau turun di pelabuhan di Karimun, juga mencapai puluhan ribu orang.

Penumpang yang datang paling banyak datang dari pelabuhan Sekupang Batam, juga ada dari Provinsi Riau, yakni berjumlah 26.791 penumpang.

"Sehingga, persentase untuk penumpang turun sebanyak 18 persen dan penumpang naik 9 persen," ucap Adi.

Hingga H-1, Pelabuhan Domestik Karimun tampak tidak terlalu ramai dan lancar. Penumpang naik dan turun tidak seramai hari sebelumnya.

Untuk diketahui, bahwa jumlah penumpang naik maupun turun tersebut tercatat dari 7 pelabuhan aktif, yaitu Domestik, Sri Tanjung Gelam (KPK), Tanjungbatu Kundur, Tg Berlian, Selat Beliah, Moro dan Penyalai.

"Arus penumpang masih normal dan lancar," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews