BNN Batam Skrining 751 Orang Sepanjang Tahun 2021, 4 Diantaranya Positif

BNN Batam Skrining 751 Orang Sepanjang Tahun 2021, 4 Diantaranya Positif

Kepala BNN Kota Batam, AKBP Heryanto saat memberikan keterangan kepada wartawan.

Batam, Batamnews - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Batam telah melakukan 21 kegiatan skrining/deteksi dini melalui tes urine sepanjang tahun 2021. Dari total 751 orang yang menjalani tes urine, 4 orang diantaranya telah menggunakan narkoba.

Kepala BNN Kota Batam, AKBP Heryanto mengatakan, dari 21 kegiatan tersebut, BNN melakukan skrining terhadap pegawai di lingkungan pemerintah Kota Batam, DPRD Kota Batam, sekolah dan swasta. Bahkan ada juga kalangan pengusaha meminta BNN untuk skrining para pegawainya.

“Kegiatan skrining ini memang rutin kami lakukan, dan dari proses tersebut, 4 orang yang telah mengkonsumsi narkoba,” ujar Heryanto, Jumat (17/12/2021).

Ia menjelaskan pihaknya telah melakukan beberapa upaya untuk mencegah penyalahgunaan narkoba, termasuk mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam membantu BNN mencegah penggunaan narkoba di lingkungan sekitar.

Baca juga: Ratusan Anak Usia Dini Ikuti Kejuaraan Taekwondo BNNP Kepri

Untuk itu, BNN Kota Batam membentuk Relawan Anti Narkoba dari berbagai kalangan, baik di lingkungan pemerintah, lingkungan pendidikan, dan tempat kerja.

Sepanjang tahun 2021, relawan narkoba yang terbentuk berjumlah 180 orang, dengan terdiri dari tenaga pendidik, kelompok masyarakat dan nelayan pesisir kecamatan Belakangpadang.

“Jadi tugas relawan narkoba ini juga sebagai perpanjangan tangan BNN, misalnya jika ada yang ingin direhab, namun takut melapor kepada kami, bisa melalui para relawan tersebut,” katanya.

Selain itu, BNN Kota Batam juga membentuk pegiat anti narkoba sebanyak 155 orang pada 4 lembaga yaitu lembaga pemerintah, lingkungan swasta, lingkungan masyarakat dan lembaga pendidikan.

“Hal ini untuk mendukung pelaksanaan kebijakan kota tanggap ancaman narkoba,” ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews