Romo Paschal: Tangkap Sindikat Penyelundup Pekerja Migran Ilegal ke Malaysia!

Romo Paschal: Tangkap Sindikat Penyelundup Pekerja Migran Ilegal ke Malaysia!

Ketua KKPPMP Kepri, Romo Chrisanctus Paschalis Saturnus.

Batam, Batamnews - Belasan orang tewas dalam peristiwa tenggelamnya speedboat pengangkut imigran gelap di perairan Tanjung Balau, Johor, Malaysia pada Rabu (15/12/2021).

Ketua Komisi Keadilan Perdamaian Pastoral Migran dan Perantau (KKPPMP) Kepulauan Riau (Kepri), Romo Chrisanctus Paschalis Saturnus berpendapat peristiwa ini membuka mata bahwa praktik trafficking masih saja terjadi.

"Pertama saya menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya. Semua korban harus ditemukan dalam keadaan apapun," kata pria yang akrab disapa Romo Paschal ini.

Baca: PMI Ilegal Korban Bot Karam di Johor Berasal dari Lombok

Ia menegaskan pemerintah harus segera menginvestigasi peristiwa ini dengan serius dengan menelusuri bagaimana peristiwa ini bisa terjadi dan siapa-siapa saja bermain.

"Ini pasti banyak sindikat yang terlibat, jaringan dua negara," ujar Romo Paschal.

Menurutnya, Pemerintah Indonesia maupun Malaysia terkesan membiarkan kegiatan masuknya pekerja migran ilegal ini.

"Baik pemerintah Indonesia maupun Malaysia sama-sama membiarkan. Merekalah trafficker sesungguhnya," ujarnya.

Baca: Korban Tewas Speedboat Maut yang Tenggelam di Perairan Johor Bertambah

Ia juga kesal dengan tidak adanya upaya yang signifikan dalam melakukan penegakan hukum. Termasuk juga tak ada pencegahan yang serius menangani masalah tersebut.

Alhasil, peristiwa yang memakan korban jiwa ini terus berulang. Ia menyinggung peristiwa nahas yang memakan puluhan nyawa pekerja migran ilegal di perairan Batam pada November 2016 silam. 

"Tidak pernah ada upaya signifikan untuk melakukan penegakan hukum dan pencegahan yang serius. Dibiarkan saja, reaktif hanya untuk evakuasi dan menjelaskan kronologi tapi nihil dalam investigasi untuk menghentikan biadabnya kejahatan ini. Saya turut prihatin, semoga tidak ada lagi korban," kata dia.

Baca: Speedboat Imigran Gelap Tenggelam di Johor: 10 Tewas, 29 Hilang

Sebagai info, sebuah speedboat yang membawa 60 imigran gelap tenggelam akibat cuaca buruk di perairan Tanjung Balau, Johor, Malaysia pada Rabu (15/12/2021) pukul 4.30 pagi waktu setempat.

Hingga pukul 15.00 waktu setempat, petugas maritim Malaysia telah menemuka 11 mayat yang terdiri dari 7 laki-laki dan 4 perempuan. Sementara 25 orang masih dalam pencarian.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews