Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Dimulai Besok, Pakai Sinovac

Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Dimulai Besok, Pakai Sinovac

Ilustrasi.

Jakarta - Pemerintah memastikan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun akan dimulai pada Selasa (14/12/2021) besok di sejumlah provinsi.

Pelaksanaan vaksinasi Corona untuk anak ini lebih cepat dari yang direncanakan sebelumnya pada 24 Desember 2021 mendatang.

Sementara merek vaksin yang akan digunakan adalah vaksin Sinovac yang juga telah diberikan izin penggunaan darurat oleh BPOM beberapa waktu lalu. 

"Kami juga menyampaikan vaksinasi anak usia 6-11 akan mulai besok dan akan diresmikan Pak Presiden. Vaksinasi untuk anak 6-11 yang disetujui BPOM sampai sekarang Sinovac," kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin secara virtual terkait evaluasi PPKM, Senin (13/12/2021). 

Vaksinasi anak ini diberikan sama seperti vaksinasi pada usia 12 tahun ke atas. Dari segi interval pemberian sampai dosis vaksin. 

Terkait daerah mana saja yang boleh memulai vaksinasi bagi anak 6-11 tahun ini, Budi menyebutkan hanya kabupaten/kota dengan capaian vaksinasi telah melebihi 70% target untuk dosis pertama dan juga vaksinasi 60% target lansia. 

Hingga kini, sudah ada 8,8 juta jiwa dari 106 kabupaten/kota di Indonesia yang telah memenuhi kriteria tersebut, termasuk salah satunya adalah Provinsi Kepulauan Riau.

Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes dr Maxi Rein Rondonuwu menyebut ada 6,4 juta dosis untuk Desember dan kemudian Januari 2022 akan ada tambahan vaksin Sinovac dari Dirjen Farmalkes dan sudah datang.

Maxi melanjutkan, vaksin Sinovac mulai tahun depan hanya akan diberikan pada usia anak. Bagi usia dewasa akan diprioritaskan menerima vaksin non Sinovac.

Syarat vaksinasi anak sebelum disuntik, harus melalui proses skrining yang dilakukan petugas vaksinasi. Adapun vaksin diberikan dalam dosis 0,5 mili berlokasi di rumah sakit hingga pelayanan kesehatan lainnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews