Omicron Sudah Ada di 45 Negara, Bagaimana RI?

Omicron Sudah Ada di 45 Negara, Bagaimana RI?

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Varian Omicron sejauh ini sudah menyebar di 45 negara. Bagaimana dengan Indonesia?

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan, hingga Selasa (7/12/2021), varian baru Covid-19 Omicron belum terdeteksi di Indonesia.

Meski demikian, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap taat protokol kesehatan dan tetap berhati-hati dengan varian Omicron. Pasalnya, jumlah negara yang melaporkan kasus varian B.1.1.529 tersebut bertambah.

"Sudah hampir 45 negara yang melaporkan kasus tersebut, artinya sangat cepat penyebarannya," ucap dr Nadia dalam konferensi pers daring melalui kanal YouTube Lawan Covid19 ID, Selasa (7/12/2021).

Baca juga: Thailand Susul Malaysia dan Singapura Deteksi Varian Corona Omicron

Lebih lanjut Nadia menuturkan, negara yang melaporkan kasus varian Omicron seperti Spanyol dan Amerika Serikat tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri.

"Ini menjadi perhatian untuk kita agar berhati-hati. Kita tetap melakukan pengetatan di pintu masuk negara tapi kita juga tetap berhati-hati karena kemungkinan ada varian Omicron yang terdeteksi tanpa ada riwayat perjalanan ke luar negeri," terang Nadia.

Tak hanya membatasi pintu masuk negara, Nadia juga mengingatkan, mematuhi protokol kesehatan (prokes) dan menggencarkan program vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu upaya pencegahan penularan varian Omicron.

"Kita (harus) melakukan prokes dengan baik, otomatis virus tidak dapat berkembang," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews