Potret Warga Pamak Laut Karimun Dilanda Banjir Rob

Potret Warga Pamak Laut Karimun Dilanda Banjir Rob

Banjir rob terjadi di Pamak Laut, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun

Karimun, Batamnews - Fenomena musiman banjir rob merendam kawasan Pamak Laut, Kelurahan Pamak, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun. Pasang laut sudah merendam permukiman warga di pesisir lokasi ini sejak, Minggu (5/11/2021) hingga Senin (6/12/2021).

Warga mengantisipasi kerusakan barang dan perabot dengan memindahkannya ke lokasi yang lebih tinggi.

Baca juga: Banjir Rob Rendam Puluhan Rumah Warga Pamak Laut di Karimun

Air mulai naik sekitar pukul 09.00 WIB dan kembali surut pada siang sekitar pukul 12.00 WIB. "Sudah antisipasi, kan kemarin juga air naik dan sampai masuk dalam rumah. Jadi hari ini kami hanya mengantisipasi barang-barang agar tidak terendam air," ujar Zal, warga setempat.

Sembari menunggu banjir rob surut, tampak sejumlah anak-anak bermain menikmati rendaman air bak kolam yang berada di depan rumah. Genangan air laut merendam permukaan jalan.

Banjir rob di Pamak Laut, Kelurahan Pamak, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun. (Foto: Edo/Batamnews)

"Kita hanya bisa menunggu air surut, baru bersihkan rumah dari genangan air laut dan membersihkan sampah yang terbawa air ke dalam rumah," ucapnya.

Baca juga: Karimun Waspadai Banjir Rob Usai Gerhana Bulan, Segini Ketinggiannya

Wan Taufik, tokoh masyarakat setempat berharap banyak adanya bantuan dari pemerintah untuk permukiman warga di pesisir, seperti pembangunan tanggul banjir rob dan sejenisnya. 

Fenomena ini terjadi musiman. Kendati demikian, kekhawatiran tetap selalu dirasakan warga.

"Kita tentu tetap waspada dan khawatir, karena bisa saja ada binatang atau sesuatu yang dapat membahayakan warga karena air laut yang sampai ke darat ini," ucapnya, pada Batamnews.

(aha)