5 Cara Sederhana Mengecilkan Perut Buncit dengan Mudah

5 Cara Sederhana Mengecilkan Perut Buncit dengan Mudah

Ilustrasi

Batam, Batamnews - Mengecilkan perut buncit memang sulit tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Cara mengecilkan perut buncit pun butuh proses dan tidak bisa didapat hanya dalam waktu semalam.

Perlu disiplin menjaga pola makan dan disertai juga dengan olahraga. Berikut beberapa cara mengecilkan perut buncit yang bisa kamu coba:

1. Olahraga Secara Rutin

Lemak yang paling pertama dikeluarkan dari tubuh saat pertama kali berolahraga adalah lemak di perut. Jadi pastikan kamu rutin olahraga dengan intensitas yang tepat. Menambah aktivitas fisik dalam keseharian, meskipun hanya sedikit bisa membantu kamu mengurangi lingkar pinggang.

Olahraga dengan gerakan cepat selama 45 sampai 60 menit sudah cukup untuk mengeluarkan keringat dan meningkatkan detak jantung. Jika dilakukan secara rutin dalam seminggu akan menambah keuntungan dari proses pengurangan lemak perut.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam 'Journal of Applied Physiology' menemukan bahwa gerakan olahraga yang intens (setara dengan jogging sejauh 20 mil per minggu) efektif mengurangi lemak di perut dan mengecilkan perut buncit. Selain jogging, bisa juga dengan aerobik, kickboxing atau kegiatan lain yang meningkatkan detak jantung.

Baca juga: 7 Makanan Kekinian yang Bikin Perut Buncit

2. Jauhi Makanan Olahan Pabrik

Batasi konsumsi makanan olahan, dan lemak di perut kamu akan berkurang dalam satu bulan. Lemak trans yang berasal dari gorengan, nasi putih, tepung terigu, minuman dengan pemanis fruktosa dan camilan yang digoreng bisa mengakibatkan penumpukan lemak visceral yang menyebabkan perut buncit.

Saran dari Harvard Health Publications, kamu harus segera menyingkirkan makanan-makanan tersebut dari daftar menu harian. Cara mengecilkan perut buncit, kamu juga harus memperhatikan porsi makanan dan asupan kalori.

Makanlah 500 kalori lebih sedikit dari kebutuhan kalori harian (normalnya, pria/wanita membutuhkan sekitar 2000 kalori per hari). Mengeluarkan lebih banyak kalori dari yang kamu makan, bisa membantu menurunkan berat sekitar 0,45 kg seminggu. Hasilnya, lingkar pinggang pun mengecil.

 

3. Makan Makanan Probiotik atau Minum Suplemen Probiotik

Probiotik adalah bakteri yang ditemukan di beberapa makanan dan suplemen. Mereka memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk membantu meningkatkan kesehatan usus dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Para peneliti telah menemukan bahwa berbagai jenis bakteri berperan dalam pengaturan berat badan dan memiliki keseimbangan yang tepat dapat membantu menurunkan berat badan, termasuk perut buncit. Jenis-jenis bakteri yang terbukti mengurangi lemak perut termasuk anggota keluarga Lactobacillus, seperti Lactobacillus fermentum, Lactobacillus amylovorus dan terutama Lactobacillus gasseri.

Baca juga: 5 Jus Buah Pengecil Perut Buncit

4. Perbanyak Konsumsi Serat

Sudah tidak diragukan lagi, serat merupakan nutrisi paling penting untuk mendapatkan tubuh indah dan sehat. Tapi tidak hanya itu. Makanan kaya serat seperti sayur, buah dan gandum utuh juga ampuh mencegah terjadinya timbunan lemak di perut.

Gandum utuh mengandung karbohidrat kompleks yang memerlukan waktu lama untuk dicerna tubuh, sehingga menunda rasa lapar lebih lama. Sementara serat melancarkan dan melindungi sistem pencernaan, juga membuat perut kenyang lebih lama.

5. Konsisten, Perlahan Tapi Pasti

Penurunan berat badan yang sehat adalah 0,45 kg sampai 1 kg seminggu. Berarti dalam delapan minggu, kamu bisa mengurangi berat badan sekitar 7 kg jika rutin diet sehat dan olahraga. Namun jangan mengharapkan hasil yang terlalu instan karena bisa memicu kamu untuk melakukan diet tak sehat dan olahraga yang melebihi batas kemampuan.

Ketika berat badan sudah ideal dan rasio lingkar pinggang pun menjadi normal, sebaiknya jangan hentikan program olahraga dan diet yang sudah dijalani. Untuk mempertahankannya, kamu tetap harus menghindari makanan yang sudah diproses dan berolahraga secara rutin.

Bagaimanapun juga, usaha yang dilakukan secara konstan dan terus menerus, akan selamanya menelurkan hasil yang permanen. Itulah cara mengecilkan perut buncit yang tepat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews