Kepergok Nonton Squid Game, Pelajar Korut Dihukum Kerja Paksa

Kepergok Nonton Squid Game, Pelajar Korut Dihukum Kerja Paksa

Film Squid Game. (dok. Netflix)

Jakarta, Batamnews - Sejumlah siswa SMA asal Korea Utara dijatuhi hukuman setelah kepergok menonton drama Korea besutan Netflix, yakni Squid Game.

Menurut Radio Free Asia (RFA), seorang pria lebih dulu dijatuhi hukuman mati setelah menyelundupkan dan menjual drama Korea Squid Game lewat flashdisk. Hal itu terjadi setelah pihak berwenang menangkap tujuh siswa SMA yang menonton drama Korea Squid Game dengan cara tak biasa itu.

Pria itu membawa salinan drama Korea Squid Game ke Korea Utara setelah kembali dari Cina. Ia kemudian menjual flashdisk berisi drama Korea Squid Game di Korea Utara.

"Ini semua bermula minggu lalu saat seorang siswa SMA secara diam-diam membeli flashdisk yang berisi drama Korea Squid Game dan menontonnya dengan salah satu sahabatnya di kelas," ungkap salah seorang sumber, seperti dilansir dari RFA.

"Teman itu memberi tahu beberapa siswa lain, yang akhirnya tertarik, dan dia memberikan flashdisk itu pada mereka. Mereka ditangkap oleh pihak berwenang di 109 Sangmu, setelah mendapat laporan."

Dari ketujuh siswa SMA, ada satu orang yang membeli flashdisk dan mendapat hukuman seumur hidup. Sementara enam siswa SMA lainnya yang hanya menonton drama Korea Squid Game dijatuhi hukuman kerja paksa selama lima tahun.

Para guru dan administrator SMA pun terkena imbasnya. Mereka dipecat dari sekolah lalu diasingkan ke pedesaan Korea Utara untuk bekerja di tambang batu bara.

"Pemerintah menanggapi kejadian ini dengan sangat serius, mengatakan bahwa pendidikan para siswa terabaikan. Komite Sentral memberhentikan kepala sekolah, sekretaris, dan wali kelas mereka," beber seorang sumber.

Squid Game memperlihatkan kisah orang-orang yang berutang dan diadu untuk memperebutkan hadiah uang tunai. Tak sedikit yang mengibaratkan Squid Game dengan kehidupan di bawah kediktatoran.

Pemerintah Korea Utara tak hanya melarang warganya menonton drama Korea Squid Game, tapi semua konten yang berasal dari mancanegara terutama Amerika Serikat dan Korea Selatan. Ada tingkat ekstrim berupa hukuman mati bagi warga yang menonton, menyimpan, dan menyebarkannya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews