TV Analog Segera Dimatikan, Berikut Jadwal Resmi dari Kominfo

TV Analog Segera Dimatikan, Berikut Jadwal Resmi dari Kominfo

Menkominfo Johny Plate

Jakarta, Batamnews - Indonesia bersiap beralih ke siaran TV digital. Program Analog Switch Off (ASO) akan dimulai pada 30 April 2022.

Menteri Kominfo, Johnny Plate memaparkan jadwal pelaksanaan ASO dalam rapat bersama Komisi I DPR RI pada Selasa (16/11/2021). Berikut jadwalnya:

Johnny menjelaskan tahapan ini disesuaikan dengan kondisi riil di lapangan. Ada beberapa hal yang diperhatikan untuk persiapan ASO tersebut. Pertama adalah kesiapan infrastruktur digital atau infrastruktur TV digital. Ini dilakukan oleh lembaga penyiaran, baik publik, swasta, lokal, serta komunitas.

Berikutnya adalah kesiapan peralatan atau perangkat digital serta juga mempersiapkan sumber daya masing-masing. Terakhir adalah kesiapan perangkat digital dan atau perangkat yang memungkinkan siaran digital bisa diterima.

"Dari 112 wilayah layanan menjadi target 90 diantaranya 80,63% telah memiliki infrastruktur multipleksing, masyarakat di daerah sudah bisa menikmati siaran digital saat ini atau simulcast," jelas Johnny.

Johnny mengatakan tahap pertama ASO telah siap secara infrastruktur multipleksing jadi siap untuk dilaksanakan. Berikutnya adalah tahap II dan III, infrastruktur harus dibangun ditargetkan dua bulan sebelum jadwal ASO tersebut.

"Kalau tahap kedua 25 Agustus, 2 bulan sebelumnya infrastruktur harus siap. Akan memudahkan pelaksanaan ASO," ungkapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews