Italia Terancam Gagal Lolos Putaran Final Piala Dunia 2022

Italia Terancam Gagal Lolos Putaran Final Piala Dunia 2022

Pemain Timnas Italia, Giovanni Di Lorenzo (2) saat menghadapi Swiss di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Sabtu (13/11/2021) Foto: REUTERS/Alberto Lingria

Jakarta, Batamnews - Juara Piala Eropa 2020, Italia gagal mendapatkan tiket langsung ke Piala Dunia 2022 Qatar. Dengan begitu, untuk dapat mengikuti pergelaran olahraga sepakbola terakbar tersebut, Timnas Italia haru melewati fase play off.

Italia yang membutuhkan kemenangan dalam laga melawan Irlandia Utara tampil mendominasi lawan. Penguasaan bola anak asuh Roberto Mancini mencapai 70 persen.

Selain itu, Gli Azzurri juga menggedor pertahanan tuan rumah dengan 12 upaya penyelesaian akhir. Dari 12 finishing tersebut, hanya enam yang mengarah ke gawang.

Lorenzo Insigne yang bermain sebagai penyerang tengah dalam formasi 4-3-3 melepaskan empat upaya mencetak gol dan tiga di antaranya tepat sasaran, namun tidak menghasilkan gol.

Baca juga: Daftar Negara Lolos Putaran Final Piala Dunia 2022

Insigne menjadi pemain Italia dengan jumlah shot terbanyak, disusul Domenico Berardi, dan Federico Chiesa yang masing-masing mengumpulkan dua tembakan.

Gagal memaksimalkan peluang yang ada untuk mencetak gol, Italia pun hanya mendapat tambahan satu poin. Juara dunia empat kali itu hanya mengoleksi 16 poin, terpaut dua poin dari Swiss yang menjadi juara Grup C.

Italia tak terkalahkan dalam delapan laga Grup C, namun hanya mengemas empat kemenangan dan empat kali seri. Sedangkan Swiss mengoleksi lima kemenangan dan tiga kali imbang.

Italia pun harus melewati jalur play off yang akan diikuti 12 negara, termasuk Portugal yang kemarin kalah dari Serbia.

Italia, yang masuk kategori tim unggulan dalam play off zona Eropa, akan menjalani pertandingan pada akhir Maret 2022 mendatang untuk menentukan tiket tampil di Piala Dunia 2022. Sementara pengundian laga play off akan berlangsung pada 26 November.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews