Seberapa Sering Kita Boleh Keramas?

Seberapa Sering Kita Boleh Keramas?

Ilustrasi. (Foto: ist)

Jakarta - Keramas merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebersihan rambut. Bukan itu saja, keramas juga dianggap bisa menyehatkan kulit kepala.

Tapi, seberapa sering kita boleh keramas? Beberapa orang keramas setiap hari, sedangkan yang lain merasa cukup dengan dua hari sekali.

Faktanya, keramas terlalu sering dapat merusak rambut. Jadi, ketahui beberapa fakta berikut untuk menentukan seberapa sering kamu harus keramas, seperti dilansir dari Brigthside.

1. Tergantung pada Jenis Rambut
Mereka yang memiliki rambut tipis dan lepek, boleh keramas setiap hari karena kulit kepala mereka yang mudah berminyak. Namun, orang dengan rambut keriting, kering dan bertekstur, sebaiknya hindari keramas terlalu sering karena rambut membutuhkan pelembab alami dari kulit kepala. Gunakanlah sampo yang ringan saat keramas, dengan durasi seminggu sekali.

2. Dilema Rambut Berminyak
Orang dengan rambut lepek dan mudah berminyak, biasanya akan lebih sering keramas. Padahal, sebum atau minyak rambut penting untuk kesehatan batang rambut. Terlalu sering keramas malah akan menyebabkan minyak alami hilang dan membuat rambut akan terasa kasar. Jadi, idealnya, keramaslah setiap 2 atau 3 hari sekali.

3. Frekuensi Berolahraga

 

3. Frekuensi Berolahraga
Sesudah berolahraga, rambut pasti akan terasa lepek dan basah. Dan kebanyakan orang akan langsung mandi dan keramas.

Ya, jika kamu berolahraga setiap hari, keramas setiap hari sangat dianjurkan. Ini berguna untuk membersihkan kulit kepala dan mencegahnya dari infeksi jamur akibat keringat dan kotoran yang menyumbat pori–pori.

4. Sering Menggunakan Produk Styling Rambut
Beberapa orang, mungkin karena tuntutan pekerjaannya, lebih sering memakai produk styling rambut, seperti hair spray, gel, atau wax. Jika kamu termasuk salah satu di antaranya, maka sebaiknya kamu membersihkannya setiap hari.

Membiarkan produk styling rambut di kepalamu hanya akan menyebabkan penumpukan di kulit kepala dan akan membuatnya terasa gatal. Untuk menjaga kesehatan rambut, segera keramas setelah melakukan styling

5. Rambut Diwarnai
Mewarnai rambutm mungkin akan membuatmu terlihat fresh. Tetapi, rambut yang diwarnai sebaiknya tidak terlalu sering keramas untuk menjaga ketahanan warnanya. Keramaslah setiap 2 – 3 kali dalam seminggu untuk menjaga warna rambut tahan lama. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews