Dinkes Batam: 8.412 Orang Lansia Belum Divaksinasi Corona

Dinkes Batam: 8.412 Orang Lansia Belum Divaksinasi Corona

Ilustrasi vaksinasi bagi kalangan lansia di Kepulauan Riau. (Foto: dok. Batamnews)

Batam, Batamnews - Vaksinasi Covid-19 untuk kalangan lanjut usia (lansia) menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau.

Dinas Kesehatan Kota Batam mencatat masih 8.412 orang lansia yang belum mendapatkan dosis pertama vaksinasi Corona. Angka ini merupakan data hingga 29 Oktober 2021.

Untuk data detailnya, sasaran lansia yang divaksin berjumlah 28.895 orang. Sedangkan yang sudah tercapai berjumlah 20.483 orang atau 70,89 persen.

Kepala Dinkes Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan, dengan capaian tersebut, maka Kota Batam bisa mendapatkan status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1.

"Kendati demikian, Provinsi masih level 2, jadi kami diminta untuk mengejar target vaksinasi lansia ini, agar bisa mengangkat capaian provinsi, sehingga bisa turun ke level 1," ujar Didi, Rabu (3/11/2021).

Untuk itu, pihaknya bersama petugas di Puskesmas akan turun ke perumahan dan mencari lansia yang belum divaksin tersebut, agar capaian bisa lebih baik. Namun ada perbedaan data capaian vaksinasi lansia di Kementrian Kesehatan.

"Data kami sudah 71 persen, namun di Kemenkes itu baru 62 persen. Saya tidak tahu mereka pakai angka kapan itu. Tapi secara target untuk level 1 sudah bisa, karena hanya 60 persen minimal untuk bisa level 1," jelasnya.

Ia menyampaikan, dari sasaran vaksinasi lansia, pihaknya akan mendata kembali untuk memisahkan mana lansia yang tidak bisa menerima vaksin dan yang mana bisa menerima vaksin.

“Bisa saja ada penyakit bawaan karena sudah lansia, jadi kami sangat berhati-hati tentunya. Data akan diupgrade lagi, dari total enam ribu tersebut berapa orang yang masih bisa divaksin," kata dia.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews