Vaksinasi Corona Bagi Anak Usia 6-11 Tahun di Batam Mulai 2022

Vaksinasi Corona Bagi Anak Usia 6-11 Tahun di Batam Mulai 2022

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam akan mendata anak usia 6-11 tahun agar mendapatkan vaksin Covid-19 usai BPOM mengeluarkan pendaftaran izin penggunaaan darurat vaksin jenis Sinovac bagi anak.

Kepala Dinkes Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan pihaknya sedang meminta data jumlah anak usia 6-11 tahun dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam.

“Kalau data tidak ada masalah. Kemarin kami sudah minta ke Disdukcapil, tapi katanya nanti akan dikirim. Mungkin lagi finalisasi data untuk anak usia 6-11 tahun ini," ujar Didi, Selasa (2/11/2021).

Ia menjelaskan, bahwa berdasarkan informasi pelaksanaan, vaksinasi bagi golongan usia 6-11 tahun akan digelar awal tahun 2022 mendatang. Sebelumnya anak usia 12-17 tahun telah lebih dulu mendapat pendaftaran izin penggunaan darurat jenis Sinovac.

Menurutnya vaksinasi bagi anak usia Sekolah Dasar (SD) memang diperlukan, karena saat ini proses pembelajaran tatap muka (PTM) sudah dibuka.

"Penyebaran virus kepada anak itu ada dan mereka juga memiliki interaksi dengan orangtua. Sehingga harus dan perlu perlindungan dalam tubuh mereka, agar bisa menangkis serangan virus," katanya.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyetujui penggunaan vaksin Sinovac, baik itu CoronaVac dan vaksin Covid-19 Bio Farma, untuk digunakan pada anak usia 6-11 tahun. Persetujuan ini diberikan atas pertimbangan hasil penilaian terhadap aspek efikasi dan keamanannya.
 

(ret)