Jokowi Ajukan Andika Perkasa Calon Panglima TNI

Jokowi Ajukan Andika Perkasa Calon Panglima TNI

Presiden Jokowi saat melantik Jenderal Andika Perkasa menjadi KSAD, beberapa waktu lalu. (Foto: via CNN Indonesia)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajukan nama Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI, menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Ajuan Jokowi dituangkan dalam Surat Presiden (Surpres) yang dikirimkan ke DPR oleh Mensesneg Pratikno, Rabu (3/11/2021).

Surpres tersebut diterima langsung oleh Ketua DPR Puan Maharani. Tampak juga wakil ketua DPR lain seperti Rachmat Gobel dan Lodewijk F Paulus. 

Dalam surpres itu, Jokowi mengusulkan calon tunggal Panglima TNI yaitu KSAD Jenderal Andika Perkasa. Andika diusulkan menggantikan Panglima TNI saat ini, Marsekal Hadi Tjahjanto yang pensiun bulan November ini. 

"Pada suratnya, Presiden mengusulkan hanya satu nama Panglima untuk dapat mendapatkan persetujuan dari DPR. Karena itu, pada hari ini, melalui Pak Mensesneg, Presiden telah menyampaikan usulan atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa," kata Puan dikutip Batamnews dari kumparan.

Setelah Surpres diterima pimpinan DPR, proses selanjutnya adalah Komisi I DPR bakal menggelar fit and proper test bagi Andika sebagai calon tunggal Panglima TNI. 

Jika disetujui, maka nama Andika akan segera disahkan dalam rapat paripurna DPR sebagai Panglima TNI baru. Setelah itu, DPR mengirim surat ke Jokowi dan barulah Jokowi melantik Andika sebagai Panglima TNI.

Namun, DPR bisa menolak calon Panglima TNI yang diusulkan Presiden. Jika ini yang terjadi, maka Presiden harus mengirim nama baru. Tapi, penolakan calon Panglima TNI yang sudah diusulkan Presiden sangat jarang terjadi. 

Dikirimnya surpres ini mengakhiri teka teki soal siapa Panglima TNI baru pengganti Hadi. Sebelumnya, selain nama Andika, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono menjadi calon kuat. 

Yudo menjadi calon kuat karena berdasarkan prinsip rotasi, harusnya tampuk Panglima TNI dijabat oleh AL setelah sebelumnya dijabat matra udara. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews