Ratusan Anak Ikuti Sunatan Massal Pikori BP Batam di Asrama Haji

Ratusan Anak Ikuti Sunatan Massal Pikori BP Batam di Asrama Haji

Salah satu anak usai menjalani khitan dalam sunatan massal Pikori BP Batam di Asrama Haji. (Foto: Juna/batamnews)

Batam, Batamnews - Ratusan anak laki-laki berkumpul di Asrama Haji, Batam, Kepulauan Riau. Mereka akan mengikuti sunatan massal pada Sabtu (30/10/2021).

Acara ini ditaja oleh Persatuan Istri Karyawan Otorita (Pikori) BP Batam dengan melibatkan tim medis dari Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam.

Direktur RSBP Batam, Afdhalun A Hakim mengakatan, pihaknya telah menempatkan puluhan tenaga medis dalam kegiatan sunatan massal tersebut. Diantaranya 19 orang dokter umum, 10 orang perawat dan 3 orang apoteker.

"Total ada 31 orang tenaga medis untuk kegiatan kali ini. Kita juga menyediakan 10 tempat tidur untuk prosesi sunatan," katanya, Sabtu (30/10/2021).

Saat berita ini ditulis, sudah sekitar 60 orang anak laki-laki dari 9 kecamatan di Batam yang sudah disunat. Sebelum itu, setiap anak maupun orang tua yang hadir dilakukan skrining kesehatan terlebih dahulu.

Sementara itu, Ketua Pikori Batam, Marlin Agustina menambahkan, kegitan tersebut gratis tanpa dipungut biaya. Jadi, para orang tua tidak perlu khawatir akan hal itu.

"Anak-anak yang sudah di sunat jangan terlalu aktif untuk 1 sampai 2 hari agar pemulihan bisa cepat. Penggantian perban akan dibantu juga oleh RSBP Batam dan itu gratis," ujar dia.

Ia juga mengingatkan untuk orang tua tetap menjaga kesehatan anak dimasa pandemi. Protokol kesehatan (prokes) harus diterapkan agar tak lagi terjadi peningkatan status maupun angka pasien Covid-19 di Batam.

"Saya harap kita semua tetap menjaga prokes karena Batam sudah melandai (angka Covid-19) dan harus kita jaga bersama. Jangan sampai status PPKM atau angka Covid-19 kembali tinggi, nanti kita semua merugi akibat hal itu," kata Marlin. 

(jun)