Cara Agar Android dan iPhone Tak Diblokir WhatsApp Pekan Depan

Cara Agar Android dan iPhone Tak Diblokir WhatsApp Pekan Depan

ilustrasi.

Jakarta, Batamnews - WhatsApp mengeluarkan kebijakan untuk menghentikan akses pada sejumlah ponsel mulai 1 November 2021 mendatang. Kebijakan ini berlaku pada HP yang masih menggunakan sistem operasi jadul.

Yakni pada perangkat yang menggunakan lebih lama dari Android 4.1, iOS 10 dan KaiOS 2.5.1.

Lalu bagaimana jika tetap ingin bisa menggunakan WhatsApp? Ada dua cara yakni memperbarui sistem operasi dan mengganti ponsel dengan dukungan OS yang disyaratkan. Namun itu bergantung pada masing-masing ponsel yang digunakan saat ini.

Berikut cara memperbaharui sistem operasi ponsel:

Android: Menuju ke menu Settings > System > Advanced > System Update

iPhone : Settings > General > Software Update.

BGR mencatat, untuk pengguna Android yang masih bisa memperbarui hingga Android 4.1 Jelly Bean maka masih bisa menggunakannya. Jadi untuk saat ini masih bisa melakukan update OS saja.

Hal yang sama juga berlaku untuk iOS. Berikut daftar iPhone yang masih bisa ditingkatkan setidaknya ke iOS 10, dikutip dari laman BGR, Jumat (29/10/2021):

iPhone 5, iPhone 5C, iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone SE (generasi pertama), iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XR , iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE (generasi ke-2), iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max.

Sementara itu, jika kamu pengguna iPhoen 4 atau iPhone 4s hingga saat ini sebaiknya mengganti HP dengan OS pendukung. Namun apabila kamu bukan pengguna WhatsApp, BGR menyatakan masih bisa menggunakan kedua ponsel itu beberapa tahun lagi.

Terakhir WhatsApp juga mendukung ponsle yang mendukung KaiOS 2.5.1 atau lebih baru. Termasuk diantaranya adalah JioPhone dan JioPhone 2.

Bagi mereka yang harus mengganti perangkat baru, WhatsApp juga mengingatkan untuk bisa menyimpan riwayat chat sebelum 1 November mendatang.

"Mulai 1 November 2021, WhatsApp tidak lagi mendukung telepon yang menjalankan OS 4.0.4 dan versi yang lebih lama. Silakan berganti ke perangkat yang didukung atau simpan riwayat chat Anda sebelum tanggal tersebut," tulis WhatsApp.

(fox)