Nasib WhatsApp dan Instagram Setelah Facebook Ganti Nama

Nasib WhatsApp dan Instagram Setelah Facebook Ganti Nama

Mark Zuckerberg. (Foto: Facebook)

Jakarta - Facebook resmi berganti nama menjadi Meta. Perubahan nama ini disampaikan sang CEO, Mark Zuckerberg pada Kamis (28/10/2021).

Ia menjelaskan pergantian nama perusahaan dari Facebook Inc. menjadi Meta didasari keinginan untuk lepas dari stigma perusahaan media sosial saja. 

Zuckerberg bercita-cita ingin memperkuat posisi perusahaan dalam dunia baru, yaitu Metaverse, yang dipandangnya sebagai masa depan internet.

Lalu bagaimana dengan aplikasi Facebook, Instagram dan WhatsApp? Ketiga aplikasi ini masih bisa digunakan pengguna secara normal. Tidak ada perubahan desain atau fitur baru yang berkaitan dengan rebranding perusahaan induk mereka.

Logo Facebook di kantor pusatnya yang berlokasi di Silicon Valley, California, AS, sudah diganti menjadi Meta. Logo Meta sendiri terlihat mengusung simbol yang menyerupai lambang infinite (tidak terbatas) yang dibubuhi dengan warna biru khas Facebook.

Tim desain Meta menjelaskan, logo dirancang untuk dinikmati dari perspektif yang berbeda. Ilustrasinya menyerupai M untuk "Meta", dan juga kadang-kadang simbol infinite, melambangkan cakrawala tak terbatas di metaverse.

"Tidak seperti proses desain merek tradisional, kami merancang simbol ini untuk hidup dalam gerakan dan 3D," kata Tim Desain Meta, seperti dikutip Business Insider.

Zuckerberg sebenarnya sudah memikirkan rebranding perusahaan sejak ia membeli Instagram dan WhatsApp pada 2012 dan 2014 silam. 

Tapi, ia baru yakin memulai proyek tersebut lebih dari enam bulan yang lalu. Segelintir kecil karyawan Facebook yang terlibat harus menandatangani perjanjian kerahasiaan terpisah.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews