Siap-siap, Warga Batam akan Dicek Kekebalan Tubuh

Siap-siap, Warga Batam akan Dicek Kekebalan Tubuh

Ilustrasi. (Foto: Wikipedia)

Batam, Batamnews - Cek kekebalan tubuh akan diberlakukan kepada warga di Kota Batam, Kepulauan Riau dalam waktu dekat ini.

Pengecekan kekebalan tubuh ini akan menyasar warga yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Kegiatan tersebut sebagai salah satu persiapan menyambut travel bubble.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan survei yang dilakukan dengan mengambil sampel darah warga untuk kemudian akan dilakukan pengecekan di laboratorium.

"Jadi kami ingin tahu berapa kekuatan imun masyarakat karena dampak penyuntikan vaksinasi ini," ujar Amsakar, baru-baru ini.

Ia menjelaskan, survei tersebut akan dilaksanakan oleh pakar epidemiologi dari Dinas Kesehatan Kota Batam. Nantinya tim tersebut akan memetakan jumlah sampel yang dibutuhkan untuk keperluan survei.

“Contoh sampel darah yang diambil dari mereka yang berusia 12-17 tahun, 18-50 tahun, dan 50 tahun ke atas,” ucapnya.

Pengambilan sampel akan dilakukan secara menyeluruh di 12 kecamatan yang ada di Kota Batam. Setelah itu, dicek kekebalan imun dari sampel darah yang diambil berdasarkan masing-masing kecamatan.

"Tujuan dari survei ini untuk mengukur tingkat kekebalan imun tubuh rata-rata masyarakat Batam setelah vaksinasi dilaksanakan," ujarnya.

Dari pengujian sampel ini bisa menjadi acuan bagi Pemerintah Kota Batam dalam mengambil langkah yang tepat saat penerapan travel bubble berbekal data mengenai herd imunity.

“Hal ini bisa menjadi pegangan ketika terjadi kasus nantinya. Karena Nongsa menjadi kawasan yang akan dijadikan pilot project, mungkin sampel paling banyak dari sana," kata dia.

Perlu diketahui, hingga 15 Oktober 2021, realisasi vaksinasi Covid-19 di Batam sudah mencapai 84 persen.

(ret)