Apple Diam-diam Hapus Aplikasi Al-Quran di China

Apple Diam-diam Hapus Aplikasi Al-Quran di China

Aplikasi Quran Majeed yang dihapus Apple di China. (Foto: Apple Insider)

Beijing - Salah satu aplikasi Al-Quran paling populer di dunia, yaitu Quran Majeed lenyap dari Apple App Store di China. Aplikasi ini dilaporkan dihapus secara diam-diam oleh Apple.

Dikutip BBC, Apple mengkonfirmasi bahwa penghapusan aplikasi Quran Majeed dilakukan atas permintaan pejabat China. Alasannya aplikasi tersebut memuat teks-teks keagamaan yang dianggap ilegal oleh pemerintah Xi Jinping.

Pemerintah China belum menanggapi permintaan komentar atas kabar penghapusan aplikasi Quran Majeed dari Apple App Store. Sementara Apple menolak memberikan komentar lebih lanjut dan menyatakan mereka mengikuti regulasi pemerintah setempat.

"Kami diharuskan mematuhi Undang-Undang setempat, dan terkadang ada masalah kompleks yang mungkin tidak kami setujui dengan pemerintah," kata Juru Bicara Apple, dinukil kumparan, Sabtu (16/10/2021).

The New York Times pernah melaporkan pada awal tahun ini, yang menyatakan Apple menghapus aplikasi di China, jika dianggap terlarang oleh pemerintah. Sementara itu, penghapusan aplikasi pertama kali diketahui oleh Apple Censorship - sebuah situs web yang memantau aplikasi di Apple App Store secara global.

Project director Apple Censorship, Benjamin Ismail, mengatakan Apple telah menjadi lembaga sensor pemerintah. Perusahaan yang dipimpin Tim Cook disebutkan menjadi kaki tangan pemerintahan Xi Jinping.

"Saat ini Apple sedang diubah menjadi lembaga sensor Beijing. Mereka perlu melakukan hal yang benar, dan kemudian mengikuti perintah apa pun dari pemerintah China," kata Benjamin Ismail.

Partai Komunis China secara mengakui Islam sebagai agama resmi di negara tersebut. Namun di sisi lain, China telah dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia, dan bahkan genosida, terhadap kelompok etnis Uyghur yang sebagian besar Muslim di Xinjiang.

Sebenarnya bukan hanya aplikasi yang berhubungan dengan agama Islam saja yang dihapus Apple di App Store China. Aplikasi keagamaan populer lainnya, Olive Tree's Bible, juga dihapus minggu ini di China, tetapi Apple mengatakan itu ditarik oleh perusahaan pembuatnya.

Quran Majeed sendiri tersedia di Apple App Store seluruh dunia, termasuk Indonesia. Aplikasi ini dibuat oleh Pakistan Data Management Services. Di Indonesia, aplikasi Quran Majeed dapat rating yang cukup baik 4.9 dari 5 dan sudah menerima 9.566 ulasan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews