10 Obat Apotek hingga Alami Ampuh Redakan Nyeri Sakit Gigi

10 Obat Apotek hingga Alami Ampuh Redakan Nyeri Sakit Gigi

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Sakit gigi menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Namun jangan bingung, ada beberapa obat sakit gigi ampuh yang bisa diperoleh di apotek hingga bahan rumahan.

Namun patut diingat, langkah paling benar menangani sakit gigi adalah dengan berkonsultasi dengan dokter gigi. Sebab dengan mengenali penyebab sakit, penanganan yang tepat juga bisa diberikan.

Berikut 10 obat sakit gigi paling ampuh:

1. Obat pereda nyeri

Untuk meminimalkan rasa nyeri akibat sakit gigi, obat pereda yang dijual bebas seperti ibuprofen nyeri bisa dikonsumsi. Akan tetapi, perhatikan cara penggunaan dan pastikan sesuai aturan dan kebutuhan.

2. Kumur air garam

Air garam sudah turun-temurun digunakan sebagai pertolongan pertama pada masalah gigi.

Pasalnya, dikutip dari Times of India, air asin bekerja sebagai disinfektan alami yang mampu membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang menempel di antara gigi. Selain itu, campuran air garam dipercaya bisa mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka pada mulut.

Caranya, campurkan setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat. Kumur-kumur selama beberapa detik, buang dan jangan ditelan.

3. Kompres air dingin

Kompres es diyakini bisa membantu mematikan saraf dan meredakan rasa sakit. Walhasil, kompres es diyakini efektif membantu meredakan nyeri sakit gigi, terlebih yang disertai pembengkakan. Selain meredakan bengkak, es memberikan efek pendinginan.

Tak hanya untuk nyeri gigi bengkak, orang yang mengalami nyeri pasca pencabutan gigi juga dianjurkan menggunakan kompres dingin untuk mendinginkan ujung saraf dan mengurangi rasa sakit.

 

4. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antibiotik, sehingga diyakini bisa membantu meredakan nyeri akibat sakit gigi yang parah.

Selain dengan mengunyah langsung, cara lainnya yakni haluskan beberapa bawang putih kemudian campur dengan sedikit garam. Oleskan bahan halus ke area gigi yang sakit.

5. Cengkeh

Senyawa kimia pada cengkeh bernama eugenol adalah anestesi ringan yang diyakini bisa membantu mematikan saraf di gigi dan meredakan rasa nyeri.

Jika ingin menggunakan cengkeh utuh atau bubuk, letakkan pada gigi kemudian kunyah untuk mengeluarkan minyaknya. Namun jika menggunakan minyak cengkeh, bisa dioleskan langsung pada area gigi yang nyeri.

Namun catatannya, penggunaan minyak cengkeh untuk meredakan sakit gigi harus dengan sangat hati-hati. Sebab jika minyak yang digunakan terlalu banyak dan diterapkan langsung pada area terinfeksi, justru bisa memperburuk rasa sakit.

6. Lidah buaya

Tak hanya untuk perawatan kulit dan rambut, gel lidah buaya dipercaya bisa meredakan sakit gigi. Sebab, lidah buaya memiliki efek anti bakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab kerusakan gigi.

Caranya, aplikasikan gel pada area gigi yang sakit, boleh sembari memijat area gigi secara perlahan.

 

7. Teh peppermint

Lantaran mengandung senyawa bakteri dan antioksidan, teh peppermint dipercaya efektif meredakan nyeri akibat sakit gigi. Selain itu, kandungan mentol dan sensasi dingin juga bisa membantu meredakan nyeri.

8. Jahe

Selain digunakan untuk mengatasi masalah perut, jahe mengandung antibiotik alami sehingga kerap diandalkan untuk meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi.

Caranya, geprek atau haluskan jahe, kemudian tempel ke bagian gigi yang sakit. Cara ini boleh dilakukan beberapa kali, namun pastikan penggunaannya perlahan agar tidak memperburuk nyeri pada gigi.

9. Cuka apel

Cuka apel adalah disinfektan alami sehingga kerap diandalkan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Selain itu, kandungan asam pada cuka apel juga dipercaya bisa mengurangi bakteri dalam rongga mulut.

Caranya, larutkan cuka apel seperlunya ke dalam segelas air. Kumur-kumur larutan cuka apel, kemudian buang dan jangan ditelan. Cara lainnya, teteskan cuka apel dalam gulungan kapas kecil kemudian aplikasikan ke area gigi yang sakit.

10. Bantalan ekstra

Saat mengalami sakit gigi, penting untuk menjaga kenyamanan baik saat beraktivitas atau beristirahat. Salah satunya, menggunakan bantalan tambahan saat tidur.

Pasalnya dengan posisi kepala yang lebih tinggi saat posisi tubuh tiduran, darah pada area gigi akan menjadi lebih sedikit sehingga diharapkan rasa nyeri bisa berkurang.

Jangan lupa, obat sakit gigi paling ampuh apa pun harus dibarengi dengan konsultasi ke dokter gigi agar penanganannya tepat.

(ruz)