Pejabat Konsul Amerika Tertarik dengan Wisata Budaya di Kepri

Pejabat Konsul Amerika Tertarik dengan Wisata Budaya di Kepri

Disbudpar Kepri memperkenalkan sejumlah wisata budaya di Pulau Penyengat kepada Pejabat Konsulat Amerika, Gordon Church. (Foto: Sutana/Batamnews)

Tanjungpinang, Batamnews - Kunjungan Konsul dan Pejabat Utama Konsulat Amerika Serikat (AS) untuk wilayah Sumatera, Gordon S Church dimanfaatkan Pemprov Kepri untuk mempromosikan destinasi pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar menyebut beberapa tempat pariwisata seperti Pulau Penyengat di Kota Tanjungpinang dan Lagoi Kabupaten Bintan sangat menarik untuk dikunjungi oleh warga AS. 

"Kita berharap Konsul Gordon S Church dapat mengajak warganya datang berwisata ke Kepri setelah perjalanan lintas negara dibuka seiring menurunnya penyebaran Covid-19," kata Buralimar saat mendampingi Konsul dan Pejabat Utama Konsulat AS di Medan Gordon S. Church berkunjung ke Pulau Penyengat, Selasa (5/10/2021) kemarin. 

Selama ini, menurut Buralimar, kunjungan wisman AS ke Kepri itu masih sangat minim. Selama ini wisman didominasi turis Asia.  

Ia menyampaikan, kunjungan wisman ke Kepri sebelumnya mencapai 2,5 juta jiwa di tahun 2018. Namun, menurun menjadi 400 ribu jiwa di tahun 2020 akibat pandemi Covid-19. 

"Kita tawarkan, di Lagoi itu ada kolam renang terbesar se Asia. Beliau sangat tertarik, bahkan berjanji akan membawa rombongan lebih besar datang ke Kepri Desember 2021," ujarnya. 

Buralimar menjelaskan, Gordon S. Church dan jajaran datang ke Kepri dalam rangka kunjungan kerja ke Pulau-Pulau di Sumatera. "Beliau belum lama menjabat konsul AS di Medan," katanya. 

Di Pulau Penyengat, rombongan konsulat ini diajak berkeliling melihat Masjid Raya Penyengat, Makam Engku Putri Raja Hamidah hingga ke Balai Adat. "Beliau sangat kagum dengan Pulau Penyengat," ucap Buralimar. 

Buralimar mengatakan jika Gordon salut dengan Gubernur Ansar Ahmad yang dinilai cakap memimpin daerah Kepri dengan memiliki 2.408 pulau. 

Ia pun menyatakan dalam waktu dekat sejumlah investor AS tertarik berinvestasi di wilayah Kepri, seperti Batam dan Bintan. "Apalagi sejauh ini, sudah ada dua perusahaan AS di di Batam, yaitu PT McDermott dan PT Caterpillar," ujarnya. 

Sebelum mengunjungi Pulau Penyengat, rombongan Konsul Amerika Serikat ini menemui Gubernur Kepri Ansar Ahmad di Tanjungpinang. Dalam kesempatan ini Gubernur juga  mengenalkan teh tarik kepada tamunya tersebut. 

Kepada Gubernur, Gordon mengaku tertarik dengan Kepri. Bahkan kehadirannya ke Kepri disamping memenuhi undangan gubernur, ternyata Gordon sudah mendapatkan banyak informasi tentang Kepulauan Riau. 

Diawali dari keramaham masyarakatnya, keindahan laut Kepri hingga tentang budaya serta adat-istiadat Kepri. 

"Sejak Agustus saya bertugas di Medan, dan Kepri ini merupakan Provinsi pertama yang saya kunjungi setelah Medan tentunya. Di sini sangat bagus, masyarakatnya ramah, semua kantor menghadap laut indah sekali, dan budaya Melayu di Kepri juga sangat bagus untuk dipelajari," kata Gordon. 

Pada akhir tahun ini, Gordon berencana berkunjung lagi Kepri bersama istri dan anak-anaknya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews