Investor Dalam Negeri Tertarik Bangun PLTS di Kepulauan Riau

Investor Dalam Negeri Tertarik Bangun PLTS di Kepulauan Riau

Ilustrasi. (Foto: Kementerian ESDM)

Batam, Batamnews - Kepulauan Riau menarik minat investor menanamkan modal untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Salah satu perusahaan yang berminat berinvestasi di bidang energi adalah PT Insan Fajar Mandiri Nusantara (IFMN).

Komisaris PT IFMN Parlindungan Purba menyampaikan niat mereka memilih Kepri untuk pengembangan PLTS karena kondisi geografis provinsi ini yang terpisah dengan pulau-pulau, serta status FTZ dengan ratusan kawasan industri. 

Selain itu untuk merealisasikan rencana Presiden Joko Widodo yang ingin memperbesar penggunaan energi baru terbarukan (EBT). 

"Dan lebih murah tentunya dari pembangkit listrik batu bara. Juga lebih bebas polusi karena ramah lingkungan," ujarnya, Senin (4/10/2021).

Rencana investasi itu disambut baik Gubernur Ansar Ahmad. Ia tertarik dengan PLTS yang disebut calon investor ini bisa menghemat listrik hingga 20 persen.

"Saya menyambut baik niat investasi yang disampaikan pihak PT IFMN untuk rencana pembangunan PLTS di wilayah Kepri. Yang penting untuk kemajuan Kepri," kata Ansar.

Kendati demikian, ia menyarankan agar dilakukan kajian menyeluruh untuk mengetahui secara pasti potensi pengembangan yang tepat di Kepri. 

Baik, dalam bentuk pola pembangunan kerjasama atau lainnya maapun bekerjasama dengan PLN atau kawasan industri.

"Pemerintah akan memudahkan dalam bentuk regulasi sepanjang hal tersebut untuk kemajuan masyarakat. Nanti akan saya minta Asisten 2 Pak Syamsul Bahrum dari Pemprov untuk menangani hal ini," ucap Ansar. 
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews