Aunur Rafiq Sebut PPKM di Karimun Turun ke Level 2

Aunur Rafiq Sebut PPKM di Karimun Turun ke Level 2

Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Karimun, Batamnews - Pemerintah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau mengklaim telah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

Padahal, jika mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 44 tahun 2021, Karimun merupakan salah satu dari tujuh kabupaten/kota di Kepri yang melanjutkan PPKM level 3.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq menuturkan penerapan PPKM level 2 tersebut berdasarkan hasil rapat bersama pemerintah Pusat pada tanggal 22 September kemarin. 

"Kita sudah turun ke PPKM level 2 penyebaran Covid-19, sejak tanggal 23 September kemarin," kata Rafiq, Senin (27/9/2021).

Dengan turunnya ke PPKM level 2, Rafiq tetap mengimbau masyarakat untuk tidak terlalu bereuforia. 

Ia melihat dalam sepekan terakhir ada peningkatan aktivitas masyarakat, baik pusat perbelanjaan, jalan-jalan, dan kedai kopi dan tempat nongkrong.

"Kita juga lihat, pergerakan orang sudah mulai cukup tinggi. Jangan sampai kita terlena dan bereuforia berlebihan, dalam aktivitas tetap terapkan protokol kesehatan," ucap Bupati.

Rafiq tidak ingin hal seperti waktu kembali terjadi, dimana Karimun telah menjadi zona hijau. Namun, naik secara drastis hingga zona merah.

"Jangan terjadi lagi seperti waktu lalu, kita sudah turun ke hijau namun kembali naik. Jadi, jangan sampai kembali meningkat," ujarnya

Dari update data gugus tugas, tanggal 26 September 2021, kasus aktif di Kabupaten Karimun ada sebanyak 51 kasus. Dengan kasus kematian yang diketahui juga telah menurun.

Namun, untuk sejumlah kegiatan perkantoran masih memberlakukan WFH.

"WFH masih, mungkin untuk kegiatan kantor akan normal jika sudah di level 1," ucap Rafiq.

(aha)